DUMAI - Kunjungan Menteri Pariwisata Republik Indonesia tidak hanya untuk meninjau kesiapan lokasi wisata, makanan khas daerah juga menjadi sorotan sebelum dioperasikannya kapal penyebrangan Roro Dumai Malaka.

Sebelum sampai di Kota Dumai meninjau kesiapan kapal Roro Dumai Malaka dan juga Bandar Bakau Dumai, rombongan Menteri Pariwisata (Menpar) RI meninjau lokasi wisata yang berada di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Sesampainya di Bandar Bakau, Kota Dumai, Menpar RI Arief Yahya bersama Gubernur Riau Syamsuar dan juga Walikota Dumai Zulkifli AS mencicipi cemilan lempeng sagu khas Riau.

"Lempeng Sagu nya enak, kalau untuk kuliner di Riau semuanya enak-enak," kata Menpar RI Arief Yahya kepada GoRiau.com, Selasa (20/8/2019).

Arief Yahya menyebutkan, kuliner daerah merupakan salah satu pendukung dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

"Selain kuliner, kebersihan lokasi juga menjadi faktor pendukung dalam dunia wisata," katanya menjelaskan.

Lempeng sagu yang dinikmati dengan sambal ikan bilis oleh Menpar RI beserta rombongan dimasak oleh salah seorang pedagang yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Bandar Bakau Kota Dumai.

"Untuk menikmati Lempeng Sagu, masyarakat bisa membelinya di pedagang kita, biasanya di jual pada sore hari," kata Kepala Pok Darwis Bandar Bakau Dumai, Darwis Moh Shaleh. ***