JAKARTA - Maskapai penerbangan Citilink menggratiskan rapid test kepada penumpang yang membeli tiket lewat website dan aplikasi ponsel Citilink untuk periode beli 1-7 Juli 2020 dan berlaku untuk 500 pembeli pertama setiap harinya.

"Pemberian layanan rapid test covid-19 secara gratis dengan ketentuan pemesanan tiket pesawat date of issue (DOI) per tanggal 1-7 Juli 2020. Jadwal penerbangan Date of Travel (DOT) per tanggal 2-31 Juli 2020," ucapnya seperti dikutip dari situs web resmi (citilink.co.id) pada Jumat (3/7).

Layanan tes rapid gratis akan diberikan dalam bentuk e-tiket yang disertakan nomor unik sebagai bukti klaim layanan. 500 penumpang yang mendapatkan pemeriksanaan gratis akan diingatkan untuk melakukan klaim sebab fasilitas dianggap hangus secara otomatis jika tidak diklaim.

Untuk melakukan klaim pelayanan, penumpang dapat langsung mendatangi klinik yang dipilih sesuai dengan daftar Mitra Klinik Citilink & Klinik Pintar (Walk-In). Calon penumpang juga diingatkan untuk membawa e-tiket dan kartu identitas seperti KTP atau SIM.

Calon penumpang dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum mengunjungi Mitra Klinik Citilink di web resmi. "Layanan rapid test covid-19 secara gratis ini tidak dapat ditukar dengan uang dan tidak dapat dilakukan refund (non refundable)," lanjutnya.

Lebih lanjut, pihak Citilink menyebut kunjungan ke klinik maksimal 12 jam sebelum jadwal keberangkatan. Sementara surat hasil tes rapid berlaku maksimal 14x24 jam sebagaimana Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19.

Lihat juga: Serangan Mematikan Corona dan Kebangkrutan Pizza HutSelain Citilink, Lion Air sebelumnya juga menawarkan layanan tes rapid kepada calon penumpang dengan harga Rp95 ribu. Harga ini terbilang murah dibandingkan layanan tes mandiri di klinik atau rumah sakit yang dipatok paling sedikit Rp280 ribu.

Namun, ada syarat bagi penumpang pesawat yang dapat menikmati layanan rapid test Lion Air. Pertama, layanan khusus calon penumpang maskapai Lion Air Group. Artinya, hanya untuk calon penumpang Lion Air, Batik Air, dan Wings Air. Klinik Lion Air Medika tidak melayani penumpang maskapai lainnya.

"Layanan rapid test covid-19 diluncurkan bertepatan momentum 20 tahun Lion Air, sekaligus sebagai wujud komitmen Lion Air dalam upaya mengakomodir kebutuhan setiap penumpang seiring dengan persiapan perjalanan udara di kondisi saat ini," ujar Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro, mengutip keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Lihat juga: OJK Tak Masalah Menkeu Taruh Dana Pemulihan Ekonomi di BUMNKedua, layanan rapid test hanya tersedia di Jakarta melalui 4 lokasi layanan. Yaitu, kantor pusat Lion Air Tower di Jalan Gajah Mada No 7 dengan jadwal layanan, Senin-Minggu pukul 06.00-21.30 WIB. Lalu, kantor Lion Air Group di Jalan Kalimalang, Senin-Minggu pukul 03.00-21.30 WIB.

Kemudian, kantor pusat Lion Parcel di Jalan Kedoya Raya dengan hari dan jam layanan Senin-Minggu mulai pukul 0.830-17.00 WIB, dan kantor Lion Operation Center (LOC) di Jalan Marsekal Surya Darma pada Senin-Minggu mulai pukul 03.00-21.30 WIB.

Syarat lainnya, ia melanjutkan rapid test akan diberikan bila calon penumpang mempunyai tiket penerbangan Lion Air Group. Voucher rapid test ini dapat diperoleh secara langsung pada saat calon penumpang membeli tiket (tiket telah terbit).***