BENGKALIS–Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar lomba penelitian dan pengembangan untuk Sekolah Menengah Atas/Sederajat sejak April hingga Oktober 2021.

Dari 19 SMA/sederajat yang mengajukan judul penelitian, dewan juri hanya meloloskan 6 perwakilan sekolah untuk melakukan kajian. Setelah itu 3 sekolah yang berhasil lolos masuk ke babak final untuk memaparkan penelitian dan pengembangan, yakni SMK Negeri 3 Bengkalis, SMA Negeri 1 Rupat dan SMK Negeri 1 Rupat Utara.

Berdasarkan penilaian dewan juri, SMK Negeri 3 Bengkalis keluar sebagai juara 1 dengan penelitian dan pengembangan Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Udang Kering. Juara 2 diraih SMA Negeri 1 Rupat Utara dengan penelitian dan pengembangan Aplikasi Penyediaan Informasi dengan Mengoptimalkan Destinasi Wisata Pulau Rupat untuk Perkembangan Ekonomi di Masa Pandemi. Juara 3 SMK Negeri 1 Rupat tentang Pemanfaatan Media Organik untuk Penanaman Selada.

Bupati Bengkalis, Kasmarni, yang menyerahkan langsung penganugrahan kepada pemenang di Halaman Kantor Balitbang Bengkalis, mengucapkan selamat dan tahniah.

“Semoga hasil karya ini bisa disebarluaskan, sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terlebih di situasi pandemi saat ini. Kami sangat mendorong adanya kreatifitas dan inovasi dari generasi muda,” ujar Kasmarni.

Kepada sekolah yang mungkin belum berhasil, kiranya tidak patah semangat untuk terus melakukan penelitian yang dilakukan siswa-siswi agar ada ide baru yang muncul sehingga dapat berdampak positif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Hari ini generasi muda harus terus diberikan bimbingan untuk berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Jangan malah larut ke hal yang negatif pada zaman ini. Harus berani berinisiatif membuat sebuah karya yang baik,” tuturnya.

Adapun peraih juara 1 mendapatkan plakat dan uang tunai sebesar Rp12.000.000. Sedangkan juara 2, Rp10.000.000, dan juara 3 mendapatkan hadiah sebesar Rp8.000.000.

Usai menyerahkan hadiah, Bupati Bengkalis, Kasmarni bersama Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso, Sekda H Bustami HY, Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan, Kajari, Dandim, Kepala Balitbang, Fadlan Fuad Daulay, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah, melakukan peninjauan langsung hasil karya Litbang yang mendapatkan juara.

Sementara Kaban penelitian dan pengembangan (BPP) Bengkalis, Fadhlan Fuad Daulay mengharapkan hasil karya ketiga pemenang lomba tersebut segera diaplikasikan atau juga dimanfaatkan.

''Kita berharap dari hasil karya SMK Negeri 03 Bengkalis alat pengupas kulit udang kering ini ke dinas perikanan agar bisa dimanfaatkan atau diperbanyak diberikan ke masyarakat nelayan juga karya dari SMAN 1 Rupat Utara dan Rupat ke dinas Pariwisata dan juga Pertanian, " terang Kaban Fadhlan. yang berharap Bupati Bengkalis Kasmarni bisa menyaksikan penyerahan hasil lomba tersebut ke dinas terkait.

Selain lomba penelitian tingkat SMA sederajat Balitbang juga akan melaksanakan tingkat Perguruan Tinggi kedepannya. "Kami di Balitbang akan terus dan konsen mengajak siswa atau peneliti muda agar terus berinovasi dengan melaksanakan lomba-lomba penelitian dan pengembangan dan generasi muda atau milenial berperan aktif, kreatif dan berinovasi dan hasil dapat membantu pemerintah untuk kebaikan masyarakat di kabupaten Bengkalis,'' harapan Fadhlan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso, Sekretaris Daerah Bengkalis H, Bustami HY, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Dandim 0303, Ketua KADIN Bengkalis Masuri SH, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan H. Alfakhrurrazy, Staf Ahli Bupati Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Toharuddin, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. ***