DURI - Manajemen PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bersilaturahmi dan berdiskusi dengan para wartawan di Duri dalam acara media briefing pada hari Selasa (30/4/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Kompleks PT CPI Duri tersebut membahas berbagai topik hubungan kemasyarakatan PT CPI yang terkait operasional perusahaan sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia.

Penyampaian materi langsung dipaparkan oleh Rudi Arief selaku Manager Corporate Affairs Asset North, Suparni selaku Manager CPM Support, dan Priawansyah selaku Social Performance Specialist. 

Tidak hanya berupa pemaparan, para wartawan juga berkunjung ke fasilitas pengolahan air PT CPI yang telah membantu pasokan air baku  ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Duri selama 24 tahun terakhir.

Ads
"Insan pers menjalankan peran strategis dalam memberikan edukasi kepada  masyarakat secara luas, termasuk pentingnya kegiatan hulu migas dan posisi  perusahaan seperti PT CPI sebagai KKKS yang mengoperasikan aset-aset negara,’’  jelas Rudi Arief.

Dalam menjalankan operasinya, lanjut Rudi, PT CPI berada di bawah  pengendalian dan pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) serta senantiasa berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait lainnya.

Pemahaman yang tepat dari masyarakat diharapkan dapat mendukung kelancaran  kegiatan hulu migas sehingga berdampak positif terhadap pendapatan negara maupun daerah. 

"Mari kita sama-sama menjaga keamanan aset dan mendukung kelancaran operasi hulu migas demi ketahanan energi nasional maupun kemaslahatan masyarakat secara luas,’’ papar Rudi.

Sementara itu, Suparni memaparkan tentang program normalisasi zona aman di sekitar jaringan pipa migas. Sesuai peraturan pemerintah, jarak minimal sembilan meter dari titik terluar pipa migas harus bersih dari bangunan, tanaman, maupun kegiatan lainnya yang tidak terkait operasi migas. 

PT CPI saat ini tengah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat yang bermukim di sekitar jaringan pipa migas. "Langkah proaktif ini terutama ditujukan untuk meminimalisasi risiko terhadap keselamatan masyarakat dan  perlindungan lingkungan sekitar,” ujar Suparni.

Kepedulian PT CPI terhadap masyarakat sekitar juga diwujudkan melalui berbagai  kegiatan investasi sosial. 

Priawansyah menjelaskan tentang area fokus program pemberdayaan masyakarat PT CPI, yakni Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, Pemberdayaan ekonomi, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. (Rilis)