DURI - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Mandau menggelar Pelatihan serba ikan dalam upaya pencegahan stunting dengan mengikuisertakan Pokja III PKK kelurahan dan Desa se-Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Bathin Betuah Kantor Camat Mandau, Rabu (04/12/2019) lalu dibuka oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Mandau Dewi Asdinar.

Dewi Asdinar menjelaskan bahwa TP-PKK memiliki peran penting dalam upaya pencegahan stunting, yang mana salah satunya termasuk tupoksi dari Pokja III PKK.

"Karena saat ini permasalahan stunting menjadi PR bagi PKK. Kita harus mematikan mata rantai stunting ini. Sehingga melalui pelatihan ini bisa dapat memberikan pengetahuan langsung kepada kader PKK dan kedepannya dapat membantu pencegahan stunting ini," ujar Dewi kepada GoRiau.com, Jumat (6/12/2019).

Menurut Dewi, pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan membuat kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik. 1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari hari pertama konsepsi lalu terbentuk embrio hingga anak berusia 2 tahun.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting adalah dengan mengkonsumsi ikan. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, vitamin D, fosfor, vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium,” ujar Dewi Asdinar.

Dewi juga menghimbau kepada ibu-ibu kader untuk rajin mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat terkhusus pada anak-anak. Karena dari sosok ibu yang dapat mengatur gizi terbaik untuk keluarga. ***