JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis pelaksanaan Program Sejuta Rumah akan meningkat usai Lebaran 2022 atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR Iwan Suprihanto mengatakan, semakin meningkatnya kebutuhan rumah layak huni serta adanya kebijakan pemerintah untuk mendorong perekonomian di berbagai sektor industri, diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat terhadap properti di Indonesia.

"Kami tetap optimis Program Sejuta Rumah akan semakin membaik dan meningkat usai Idul Fitri tahun ini," ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (3/5/2022).

Lebih lanjut, Iwan juga menerangkan, di masa mudik lebaran tahun ini diharapkan masyarakat bisa memahami arti penting rumah yang layak huni.

Para pemudik yang kembali ke kampung halaman diharapkan bisa menikmati hari raya bersama keluarga di rumah yang layak, sehingga nyaman saat bersilaturahmi bersama keluarga.

"Rumah memiliki arti penting, apalagi di hari raya Idul Fitri ini setiap orang bersilaturahmi di rumahnya bersama keluarga. Rumah yang layak huni sangat diperlukan oleh setiap keluarga Indonesia karena semua berawal dari rumah," katanya.

Dilansir dari Liputan6.com, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mencatat capaian Program Sejuta Rumah per 31 Maret 2022 sudah mencapai 159.372 unit atau 15,9 persen.

Capaian pembangunan rumah tersebut berasal dari rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 117.532 unit dan rumah untuk non-MBR 41.840 unit.***