JAKARTA - Merayakan Hari Raya Idhul Fitri (Lebaran) di kampung halaman menjadi sesuatu yang sangat bermakna. Terutama bagi yang telah bertahun-tahun hijrah atau tinggal menetap di Ibukota Jakarta. Melakoni Mudik Lebaran selain sudah jadi tradisi tahunan, ternyata yang paling utama dijadikan sarana silaturahmi untuk saling bermaaf-maafan.

"Setahu saya kalau pas Lebaran kan ada istilah melakukan tradisi sungkeman (cium tangan-red) dengan orangtua kita. Tujuannya untuk minta maaf atas dosa-dosa sengaja maupun tak sengaja yang kita lakukan selama ini," kata Camelia Panduwinata Lubis yang kondang dijagad artis dengan nama Camel Petir saat dihubungi Jumat (8/5/2020) pagi.

Menurut artis dangdut yang salahsatunya pernah hits lewat tembang 'Cuma Kamu, Cin' satu ini, sejatinya untuk pulang ke kampung halaman, bukan karena untuk silaturahmi Lebaran saja. Setiap saat, kata dia, juga kerapkali balik ke kota kelahirannya di Medan, Sumatera Utara.

"Jika di tahun ini nggak Mudik Lebaran, orangtua atau keluarga besar pasti bisa mengerti. Kenapa? Ya, karena masih ada ancamam wabah atau penyebaran virus Corona (Covid-19)," papar Camel Petir yang juga dikenal sebagai wanita politisi nasional dari Partai Golkar tersebut.

Sejak dua bulan belakangan ini, Camel Petir bersama suami dan anak-anak, mengaku selalu berdiam diri di rumah saja. Hal tersebut, menurutnya, demi keamanan dan kenyamanan keluarga agar terhindar dari ancaman virus mematikan tersebut.

Namun ketika diminta tanggapan soal meninggalnya sosok maestro atau seniman musik Campursari (Didi Kempot), Camel Petir mengaku sangat kehilangan. "Saya malah sebenarnya punya obsesi dengan almarhum, bikin lagu Campursari yang mengangkat tema soal petani Indonesia," ceritanya dengan nada sedih. ***