SELATPANJANG - Sebagai daerah yang baru dimekarkan, Kabupaten Kepulauan Meranti terutama di ibukotanya Selatpanjang notabennye berada di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, bukan berarti dibukota tersebut masyarakatnya sejahtera semuanya, masih banyak terdapat keluarga pra sejahtera dikategorikan kurang mampu.

Bahkan dalam memenuhi kehidupan sehari-hari seperti makan dan tempat tinggal saja sangat memprihatinkan,  dalam istilah melayu "kais pagi makan pagi dan kais petang makan petang". Penyebabnya memang karena faktor umur yang sudah tua, sakit permanen, memang sulitnya untuk mencari pekerjaan tetap, dan terkadang lebih memprihatinkan lagi ada juga berharap dari bantuan tetangga atau keluarga untuk makan sehari-sehari dan tempat tinggalnya masih menumpang ditanah orang dengan bangunan seadanya.

Hal inilah membuat banyak pihak prihatin untuk membantu masyarakat seperti ini. Camat Tebing Tinggi Helfandi, SE M.Si salahsatunya, menginisiasi untuk ikut ambil peduli terhadap masyarakat yang seperti ini melalui kegiatan "Jumat Berkah" yang dibentuknya pada Agustus 2018 yang lalu setelah 1 bulan dilantik menjadi Camat Tebing Tinggi.

Kegiatan rutin ini merupakan kegiatan Camat menyapa warganya setiap hari Jumat dengan mengunjungi rumah warga sesuai data yang diberikan oleh pihak Desa/Kelurahan dan bahkan ada info data langsung dari masyarakat.

"Alhamdulillah, kegiatan Jumat Berkah menyapa warga Tebing Tinggi ini sudah hampir berjalan setahun, sebulan setelah saya dilantik menjadi Camat Tebingtinggi, kegiatan ini sudah berjalan setiap hari Jumat, dan kegiatan ini murni untuk membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan dan sekaligus mengiventarisasi segala bentuk kondisi masyarakat kita, baik kondisi tempat tinggal, kesehatan dan pendidikan," ungkap Camat Tebing Tinggi Helfandi SE MSi, Senin (5/8/2019).

Dijelaskan Helfandi, melalui kegiatan ini ia bisa tahu apakah masyarakat itu mempunyai pekerjaan atau tidak, punya tempat tinggal yang layak atau tidak, anak atau keluarga mereka sekolah atau tidak, masyarakat diwilayahnya itu apakah sehat atau sakit permanen, dan apakah masyarakatnya itu hari ini perut mereka kosong atau berisi. Melalui Jumat Berkah menyapa warga ini pihaknya sudah tahu betul kondisi warganya, dan ia sudah punya data tempat tinggal mereka "by name by address".

"Alhamdulillah kita sudah sampaikan kepada pihak-pihak agar bisa kita sinergikan dalam perencanaan kesejahteraan masyarakat kecamatan Tebing Tinggi kedepan yang notabennye adalah ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti," jelasnya.

Lebih jauh menurut Camat Tebing Tinggi yang akrab dipanggil Iin yang juga mantan Kabag Humas Protokol Pemda Kepulauan Meranti ini mengatakan bahwa khusus untuk paket sembako Jumat Berkah ini merupakan sumbangan dari ASN, honor kantor Camat, staf Puskemas, kelurahan/desa, perbankan , donatur tetap dan masyarakat Tebing Tinggi, selanjutnya untuk kegiatan bedah rumah masyarakat, pendanaan untuk hal itu pihak kecamatan melakukan koordinasi dengan Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemda Kepulauaan Meranti serta ada juga sumbangan dari pihak yang tidak mengikat termasuk jajaran Kecamatan Tebing Tinggi.

"Kami juga berharap agar kegiatan Jumat berkah Kecamatan Tebing Tinggi tetap mendapat dukungan semua pihak dan mohon saran serta masukannya agar kegiatan seperti ini tetap eksis dan berkelanjutan membantu masyarakat," pungkasnya.

Ditambah Helfandi, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini dapat dilakukan semua pihak atau institusi lainnya, pihaknya juga menerima sumbangan dari pihak-pihak baik berupa bentuk uang atau barang untuk disalurkan pada kegiatan Jumat Berkah Kecamatan Tebing Tinggi.***