KAMPAR - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto SH menerima Lencana Emas Adhi Bhakti Utama Tani Nelayan, karena dinilai berjasa di bidang pertanian. Penghargaan ini diterimanya pada puncak perayaan HUT Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional ke-51 tahun 2021. Acara digelar di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (23/9/2021) pagi.

Penghargaan ini dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang diserahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi.

Catur sejajar dengan dua tokoh lain yang menerima penghargaan serupa. Yakni, Bupati Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur, Edi Darmasyah dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Saharudin Arief. Pada penyerahan penghargaan itu, bersamaan juga dengan Rembug Paripurna KTNA Nasional.

Prof Dedi mengatakan, penghargaan ini diberikan atas dukungan pemerintah daerah dalam peningkatan dan pengembangan bidang pertanian.

"Peran kepala daerah sangat berpengaruh dalam arah kebijakan untuk membantu petani," ungkap Dedi.

Ia mengakui, komitmen kepala daerah memang sangat dibutuhkan dalam memajukan pertanian.

Dedi mengemukakan, di saat pandemi Covid-19, pertanian justru bertumbuh. Padahal Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terpuruk.

"Sektor pertanian berdiri kokoh dengan pertumbuhan positif 21 persen," kata Dedi.

Menurut dia, sektor pertanian yang tidak surut selama pandemi tidak terlepas dari komitmen kepala daerah. Oleh karena itu, patut diganjar dengan penghargaan.

Bupati Catur menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diterimanya. Ia menyatakan, penghargaan tersebut adalah untuk masyarakat Kampar. Khususnya kalangan petani.

"Pemerintah Kabupaten Kampar berpihak kepada petani melalui kerjasama dengan KTNA," kata Catur.

Ia mengatakan, Kampar memiliki kawasan pertanian yang sangat luas dan subur. Sehingga sangat beralasan bahwa sektor pertanian harus diperhatikan.

Ketua KTNA Riau, Yusri yang juga Sekretaris Daerah Kampar ikut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut. Berikut Ketua DPRD Kampar, M Faisal.

Hadir dalam rombongan Pemkab Kampar antara lain Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Zulia Dharma, Kadis Kominfo dan Persandian Yuricho Efril.

Kadis Lingkungan Hidup Aliman Makmur, Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Hambali, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Ardi Mardiansyah serta Kadis Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Syahrizal.***