SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi mengingatkan kepada pelaku usaha bahwa peluang bisnis saat ini terbuka lebar di teknologi online. Akibatnya, banyak penjualan di toko-toko Selatpanjang mengalami penurunan penjualan.

Hal itu disampaikan H Irwan saat menghadiri sosialisasi program satu juta domain gratis yang oleh Kemenkominfo di Selatpanjang, Selasa (13/12/2016).

"Sekarang ini jual beli di toko-toko Selatpanjang mulai menurun. Setelah kita dalami, penyebabnya adalah semakin banyaknya bisnis online," kata H Irwan.

Dengan memanfaatkan sistem IT atau teknologi online, kata Irwan lagi, masyarakat cukup membuka smartphone untuk berbelanja maupun berjualan. Selain bisa mencari apa saja, menghemat waktu, harga barang-barang yang dijual di online juga terbilang murah.

Untuk itu, H Irwan berharap sosialisasi ini semakin luas dilakukan. Baik di kalangan pedagang, guru, tokoh pendidikan, pelajar, maupun masyarakat luas. Bagi pedagang yang tidak mengikuti sistem teknologi yang dikembangkan pemerintah saat ini, maka menjadi ancaman terbesar dalam berbisnis.

"Kalau di kota besar sudah ada aplikasi GoJek, pemesanan jasanya cukup melalui smartphone, lalu ojek pun datang. Suatu saat nanti tak menutup kemungkinan di Selatpanjang akan muncul aplikasi becak online," ujar H Irwan.

Sosialisasi seribu doman gratis ini langsung oleh Kadis Kominfo Provinsi Riau Ir H Yogi Getri dan Kadishubkominfo Kepulauan Meranti Hendra Putra. Sosialisasi ini diikuti sekitar seratusan peserta yang terdiri dari perwakilan instansi pemerintah, guru, pelaku usaha, dan masyarakat. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini