BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebanyak556 mahasiswa baru Politeknik Negeri Bengkalis mendapatkan energi baru dari orang nomor satu di Negeri Junjungan. Motivasi dan berbagai pengalaman disampaikan Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh ketika didaulat menjadi dosen pada kuliah perdana di lantai IV Kantor Bupati, Kamis (5/9).

Bupati bercerita panjang ketika dirinya masih aktif sebagai mahasiswa di IPB serta pengalaman dirinya saat kuliah di Amerika. Pesan Bupati, sejatinya mereka yang bisa kuliah hari ini bisa berbangga dan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya, karena banyak orang yang ingin kuliah tapi tidak memiliki kesempatan.

Tantangan yang bakal dihadapi untuk beberapa tahun ke depan, jauh lebih berat dan tidak sama apa yang disarakan pada hari ini. Untuk itu kata Bupati, butuh persiapan yang matang, terutama menyiapkan diri dengan ilmu pengetahuan.

Tugas seorang mahasiswa kata Bupati, tidak semata berkutat dengan buku-buku perkuliahan dan alat-alat praktik di labor atau workshop. Mahasiswa juga dituntut peka dengan perkembangan lingkungan, bergaul, berorganisasi, pandai berinteraksi dengan lingkungan, kreatif serta inovatif.

''Tidak jarang mahasiswa selama kuliah mendapatkan nilai yang baik, tapi ketika keluar dari bangku kuliah berhadapan langsung dengan dunia nyata dia menjadi gamang, tak tau apa yang mau dibuat. Selain belajar adik-adik juga dituntut pandai bergaul, kenali kondisi lingkungan dan lainnya,'' pesan Bupati.

Bupati juga mengingatkan seluruh mahasiswa untuk tidak main-main dengan barang haram narkoba. Banyak korban yang terjerat karena awalnya hanya mencoba atau diiming-imingi oleh temannya. ''Sekali adik-adik mencoba, maka niscaya akan sulit meninggalkannya. Untuk itu saya berpesan jangan pernah terlibat dengan barang haram ini. Sayangi diri dan keluarga, tataplah masa depan dengan penuh semangat tanpa narkoba,'' ingatnya lagi.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar para remaja dan mahasiswa tidak terlibat narkoba, selain aktif berolahraga dan menyadari bahaya narkoba, cara ampuh lainnya adalah menjadi pribadi yang selalu ingat dan patuh akan perintah Allah SWT.

Hadir dalam kuliyah perdana tersebut

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis  H Muhammad Kadis Pendidikan H Herman Sani, Kabag Humas Andris Wasono serta civitas akademika Politeknik Negeri Bengkalis.jfk