SELATPANJANG - Operasional Kapal rool on rool off (Roro) KM Berembang akan dihentikan sementara. Hal itu dikarenakan kapal tersebut akan dilakukan docking atau melakukan perawatan tahunan selama sebulan penuh pada bulan depan atau November 2021 mendatang.

Kapal angkutan penyeberangan yang dikelola oleh BUMD PT Pengembangan Investasi Riau (PIR) yang biasa melayani rute penyeberangan Insit, Tebingtinggi Barat dan Pecah Buyung, Kecamatan Rangsang Barat dan juga Kampung Balak, Kabupaten Kepulauan Meranti dengan tujuan dermaga Roro Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis itu tidak dapat beroperasi bahkan tidak ada penggantinya.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kasi Transportasi Sungai, Danau dan Penyebrangan, Komersial dan Perintis, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 4 Riau Kepri, Riskan SE, Selasa (26/10/2021).

Riskan mengungkapkan proses docking Kapal Roro sangat wajib dilakukan. Mengingat kapal tersebut satu-satunya yang dikelola oleh pemerintah, untuk melayani penyeberangan barang maupun orang Apalagi saat ini, menurutnya kecepatan kapal itu sudah berkurang. Sehingga harus segera dilakukan perawatan secara rutin.

Perawatan tahunan atau docking tersebut merupakan sesuatu yang wajib persyaratan dan kelayakan standar operasional Kapal sebagai alat tranportasi laut.

"Iya benar, KMP Berembang akan masuk docking. Selama proses itu, operasional kapal dihentikan sementara terhitung 1 November sampai dengan pelaksanaan docking selesai dilaksanakan," kata Riskan.

Diungkapkan, untuk proses docking Kapal Roro Berembang akan memakan waktu sampai satu bulan. Sehingga pada bulan November nanti, Kapal Roro tidak beroperasional melayani masyarakat selama satu bulan penuh.

"Proses docking memakan waktu paling maksimal selama 1 bulan, itu pun jika kerusakannya tidak begitu parah. Jadi kapal akan berlayar dan kembali maskimal melayani penyeberangan pada bulan Desember mendatang," ungkapnya.

Riskan juga menyarankan khususnya untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang ingin melakukan perjalanan untuk rute ke Sungai Selari masih dapat memanfaatkan satu kali pelayaran di hari Sabtu (30/10/2021). Jadi pada hari Minggu ini merupakan pelayaran terakhir KMP Berembang sebelum masuk dock.

"Masyarakat dapat sekali lagi memanfaatkan rute KMP Berembang yang akan berlayar nanti dari Kepulauan Meranti hari Sabtu dan kembalinya hari Minggu," pungkasnya.***