PEKANBARU - Dua sekolah di Pekanbaru, Riau menghentikan kegiatan belajar tatap muka, dikarenakan sekolah tersebut mengalami bencana banjir, Senin (25/10/2021).

Kedua sekolah tersebut adalah SD Negeri 140 yang ada di Jalan Karya Bersama, dan SMP Negeri 31 di Kecamatan Tenayan Raya.

Komisi III DPRD Kota Pekanbaru meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru untuk melakukan pendataan ulang sekolah-sekolah yang rawan kebanjiran.

"Setelah Disdik punya data, Disdik harus melaporkan ke dinas terkait agar sekolah-sekolah yang terdampak banjir bisa segera diatasi," kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy, Selasa (26/10/2021).

Selain harus berkordinasi dengan Dinas PUPR, Yasser juga meminta Disdik berkordinasi dengan Dinas Perkim jika sekolah tersebut berada di lingkungan perumahan warga.

Politisi PKS ini juga menjelaskan Komisi III berencana akan memanggil Disdik Kota Pekanbaru untuk mempertanyakan penataan sekolah yang ada di Pekanbaru.

"Intinya sekarang Disdik harus koordinasi dengan PUPR dan Perkim untuk segera mencari jalan keluar agar kejadian sekolah kebanjiran tidak terulang lagi," ucapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengatakan siswa dapat kembali sekolah apabila banjir di lokasi itu sudah surut. Menurutnya, banjir ini tidak akan berlangsung lama.

Ketinggian banjir diperkirakan mencapai 15 centimeter. Banjir ini diduga akibat luapan Sungai Sail yang tidak jauh dari tempat sekolah.

"Kalau memang terganggu, kita hentikan (belajar tatap muka, red) satu hari. Terus SMP Negeri 31 juga kena banjir, setelah surut dapat kembali belajar," ujar Ismardi.

Sebelumnya, BPBD Pekanbaru menyatakan bahwa sejumlah lokasi banjir sudah mulai surut. Namun, warga masih harus waspada, dengan kemungkinan hujan intensitas tinggi kembali mengguyur Kota Pekanbaru.

"Monitoring kita hari ini, air banjir mulai surut. Namun, tidak tertutup kemungkinan, jika hujan dengan intensitas tinggi lagi, air sungai kembali naik," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pekanbaru, Bambang Rif. ***