PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution ikut medanpingi Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dalam Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas dengan mengusung tema peningkatan trantibum linmas melalui optimalisasi peran damkar, satpol pp, dan satlinmas guna mensukseskan pemilu serentak 2019.

Edy Nasution mengatakan kepada GoRiau.com, melakukan pemadaman api bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi, ada motto pemadam kebakaran yang selalu digaungkan, yaitu Tidak Pulang Sebelum Api Padam.

"Hal ini harus menjadi semangat bagi kita semua dalam menjalankan tugas sebagai pemadam kebakaran, satpol pp dan satlunmas di daerah masing-masing," kata Edy Nasution dalam rakornas yang dihadiri bupati/walikota, damkar, satpol pp dan satlinmas se-Indonesia, disalah satu hotel di Kota Pekanbaru, Selasa (5/3/2019).

Edy Nasution berterimakasih, karena dipilihnya Kota Pekanbaru di Provinsi Riau sebagai tempat helat puncak peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas. Ini menjadi momentum yang sangat strategis bagi kita semua. HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke-57 di Kota Pekanbaru menunjukkan peran ketiga instansi tersebut sangat dibutuhkan diberbagai daerah dalam menegakkan Peraturan Daerah, menyelenggarakan ketenteraman dan ketertiban umum, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

"Semakin meningkatnya pembangunan diberbagai daerah telah menciptakan kondisi yang bermacam ragam pula. Untuk itu Satpol PP, dan Satlinmas harus mampu mengawasi dan mengamankan, serta menjaga ketertiban dan keamanan dengan situasi bagaimana pun juga," ungkap mantan Komandan Korem 031/Wirabima.

Dikatakan Edy Nasution, Damkar, Satpol PP dan Satlinmas dibentuk oleh pemerintah untuk urusan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. Juga dalam urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar telah memberikan warna dan yang strategis terhadap kedudukan Satuan Polisi Pamong Praja, Damkar dan Satlinmas ke depan.

"Besarnya tugas dan fungsi yang melekat pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) tentunya membawa konsekuensi tersendiri bagi ketiga instansi tersebut. Kiranya ketiga instansi ini dituntut untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dedikasi dan disiplin yang baik, agar mampu mewujudkan pelaksanakan tugas pokok dengan baik, cepat dan terkoordinasi," terang Edy Nasution.

Dengan kecanggihan dan modernisasi era globalisasi ini, menurutnya, tentunya Satpol PP, Satlinmas dan Satuan Damkar harus menguasai Iptek. Pengembangan Sumber Daya Manusia pun di ketiga instansi ini harus didukung agar peranan ketiga instansi ini semakin maju dan berkembang.

"Dimana tahun ini juga bertepatan dengan pesta demokrasi, pemilu serentak 2019. Oleh karena itu, kita berharap Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Satuan Pemadam Kebakaran untuk ikut mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 ini, sehingga dapat berjalan aman dan lancar," jelas Edy Nasution. ***