MEDAN – Dalam rangka menyebarluasakan informasi terbaru mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Medan, BPJS Kesehatan bersama dengan Dinas Sosial Kota Medan mengadakan sosialisasi Program JKN-KIS Kepada Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Medan, Selasa (30/6/2021).


Kegiatan sosialisasi Program JKN-KIS kepada Pendamping PKH tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Wali Kota Medan untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan Program JKN-KIS di Kota Medan.

Dalam sambutannya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Sari Quratul Ainy menyampaikan bahwa peran Pendamping PKH salah satunya juga terkait dengan masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) Program JKN-KIS. Sehingga Pendamping PKH juga perlu paham mengenai Program JKN-KIS agar dapat meneruskan kepada masyarakat yang mereka dampingi.

“Pendamping PKH adalah ujung tombak yang berhubungan langsung dengan masyarakat sehingga harapannya setelah kegiatan ini para Pendamping PKH dapat meneruskan informasi tentang Program JKN-KIS yang didapatkan hari ini kepada masyarakat yang mereka damping,” ujar Sari.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kota Medan, Endar Sutan Lubis menyampaikan hal yang sama perihal peran Pendamping PKH dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat yang didampingi.

“Target Kota Medan adalah tidak ada lagi masyarakat miskin dan kurang mampu di Kota Medan yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan. Harapannya Pendamping PKH dapat mensosialisasikan serta mendata masyarakat yang didampingi apakah sudah ada Kartu BPJS Kesehatan atau belum,” jelas Endar.

Ditambahkan oleh Endar, saat ini Pemerintah Kota Medan telah membentuk tim yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial serta BPJS Kesehatan untuk menelusuri masyarakat-masyarakat mana yang belum terdaftar pada Program JKN-KIS.

“Nantinya apabila ditemukan masyarakat yang didampingi masih belum memiliki BPJS Kesehatan, maka dapat kita laporkan kepada tim yang telah dibentuk oleh Bapak Wali Kota untuk segera kita tindak lanjuti,” tambah Endar.