PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Saat ini, para guru yang tergabung dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Pelalawan boleh berlega hati. Pasalnya, kini PGRI Kabupaten Pelalawan telah menyepakati kerjasama dengan Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Pangkalan Kerinci dalam hal pembangunan perumahan bagi para guru yang tergabung dalam organisasi PGRI Kabupaten Pelalawan. Demikian Ketua PGRI Kabupaten Pelalawan, M Syafi'i S.Pd M.Si, Senin (25/2).


Menurutnya, kesepakatan soal pembangunan perumahan guru yang tergabung dalam PGRI Pelalawan ini didapat setelah pihaknya mengadakan pembicaraanb dengan pimpinan Bank BNI Syariah KCP Pangkalan Kerinci. "Ya, alhamdulillah, setelah kita mengadakan pembicaraan dengan Bank BNI Syariah Pangkalan Kerinci, mereka mau membantu untuk pembangunan perumahan bagi para guru," ujarnya.


Syafi'i mengatakan bahwa dasar alasan pihaknya mengajukan kerjasama dengan Bank BNI Syariah untuk membantu pembangunan perumahan guru itu dikarenakan sampai saat ini tak bisa dipungkiri masih banyak guru yang belum memiliki rumah sendiri atau dengan kata lain masih banyak 'para pahlawan tanpa tanda jasa' itu yang tinggal di rumah kontrakan.


"Ironis sebenarnya, karena seorang guru yang harusnya fokus mengajar di depan kelas ini malah terbagi pikirannya karena sisi lain memikirkan rumah kontrakan yang belum terbayar, bayangan diusir oleh yang punya rumah, dan berbagai pikiran lainnya," ujarnya.


Karena itu, sambungnya, adanya kerjasama dengan Bank BNI Syariah KCP Pangkalan Kerinci dalam hal pembangunan perumahan guru ini maka diharapkan para guru ke depannya dapat memiliki rumah yang layak huni dengan prosedur mudah dan murah. Upaya pihaknya ini dalam membantu para guru akan secepatnya terealisasikan secara teknis di lapangan setelah adanya nota kesepahaman dengan Bank BNI Syariah.


"Begitu penandatanganan nota kesepahaman dengan Bank BNI Syariah KCP Pangkalan Kerinci diteken, maka program perumahan bagi para guru ini bisa secepatnya terealisasi," kata Syafi'i yang optimis tahun 2013 ini juga perumahan bagi para guru itu sudah terbangun di Kabupaten Pelalawan.


Hal yang kurang-lebih sama juga disampaikan oleh Pimpinan KCP BNI Syariah, Andre Azis. Menurutnya, bahwa kerjasama pihaknya dengan PGRI Kabupaten Pelalawan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara pimpinan pusat Bank BNI dengan PB. PGRI Pusat di Jakarta. Karena itulah, secara otomatis maka dirinya pun selaku pimpinan Bank BNI KCP Pangkalan Kerinci akan merealisasikan hal ini.


"Jadi kita akan mencaoba merealisasikan kesepahaman ini dengan bentuk beberapa bantuan produk-produk, baik itu perumahan maupun produk-produk bank lainnya di Kabupaten Pelalawan ini," ujarnya.


Di luar persoalan itu, Andre mengatakan bahwa harus diakui oleh semua lapisan masyarakat bahwa seseorang bisa sukses itu tak terlepas dari peran seorang guru. Jadi sudah semestinya pihaknya membantu para guru dalam bentuk memberikan kredit yang murah dengan prosedur mudah, di samping menindaklanjuti MoU dari pusat.


"Kita akan memfasilitasi perumahan yang layak huni bagi para guru yang tergabung dalam wadah PGRI Kabupaten Pelalawan ini. Selain mungkin lokasinya berada di tengah kota, juga aksesnya harus mudah agar proses pendidikan tak terhambat," tutupnya. (ilm)