PEKANBARU - Intensitas curah hujan di Provinsi Riau bulan Desember 2019 masih cukup tinggi hingga awal Januari 2020, dari prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, bisa terjadi dihampir seluruh daerah di Riau.

Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki menjelaskan kepada GoRiau.com, bahwa jelang Natal 2019 hujan masih mengguyur hampir seluruh daerah di Bumi Lancang Kuning. Bahkan, saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 nanti, warga diingatkan untuk waspada hujan dengan intensitas lebat.

"Memang curah hujan kita perkirakan terjadi puncaknya di bulan November 2019, dari hasil evaluasi dan analisa kami. Namun bulan ini (Desember, red) saja intensitas hujan maaih cukup tinggi turun disebagian Riau," kata Marzuki, Sabtu (21/12/2019).

Kondisi sekarang ini hingga Januari 2020, dikatakan Marzuki, Riau masih berpotensi hujan. Namun berdasarkan prakirawan cuaca BMKG, intensitas hujan sudah mulai berkurang pada pertengahan dan akhir Januari 2020.

"Pada saat ini memang masih turun hujan, yang bervariasi dari ringan hingga sedang. Apalagi kondisi tanah hampir seluruh daerah di Riau basah, akibat hujan bulan November, kemarin," ungkap Marzuki.

Ia juga menambahkan, masyarakat yang tinggal disekitar daerah aliran sungai untuk waspada banjir di Sunga Kampar dan Indragiri. "Sebab hulunya di Sumatera Barat intensitas hujan masih cukup tinggi," ujar Marzuki.

Sementara itu Gubernur Riau, Syamsuar juga menghimbau kepada masyarakat Riau untuk waspada saat berkendaraan saat musim hujan di Riau. Sediakan perlengkapan saat musim hujan, seperti jas hujan bagi pengendara sepeda motor dan payung.

"Untuk masyarakat yang tinggal dekat daerah aliran sungai juga diminta untuk waspada, jika terjadi peningkatan tinggi air sungai. Mari kita sama-sama berdoa, agar Riau dihindari dari musibah yang membahayakan," harap Syamsuar. ***