SLEMAN - Tim Nasional (Timnas) U 16 Indonesia kedatangan lagi satu pemain baru peranakan untuk melengkapi 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih kepala tim, Bima Sakti. Kalau sebelumnya, ada nama Ronaldo Joybera Kwateh, yang sudah bergabung di TC terdahulu, kini Victor Jonson Benjamin Dethan asal akademi klub PSM Makassar yang berposisi sebagai pemain sayap kanan.

Victor bergabung sejak awal tim melakukan TC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, dari tanggal 6 Desember 2020. Dirinya mengakui sangat senang bisa ikut latihan bersama 25 temannya yang lain, serta dilatih dengan legenda hidup seperti Bima Sakti. Sebetulnya dia sudah mendapat panggilan ke Timnas U-16 pada Januari lalu. Sayang, saat itu dirinya tidak bisa bergabung, karena cedera.

Kalau Ronaldo memiliki darah keturunan Afrika, tepatnya Liberia, dari sang ayah yang bernama Roberto Kwateh. Victor adalah keturunan Kanada.

“Ayah saya asli Kupang, NTT (Nusa Tenggara Timur), sedangkan Ibu saya berasal dari Kanada,” ungkapnya. “Saya lahir di Kupang, dan tinggal di Malang,” sambungnya.

Bicara mengenai timnas U-16, ini merupakan rumah kedua bagi Victor setelah PSM Makassar. “Saya nyaman berada disini, ini merupakan rumah kedua bagi saya di sepak bola, tentu setelah klub saya. Semua disini menyambut saya dengan tangan terbuka, namun tentu diperlakukan sama seperti yang lain,” katanya.

“Saya sudah terbiasa dan akrab serta bisa berbaur dengan teman-teman lain. Apalagi, dalam tim, kami diatur juga saat makan dan tidurnya (tidur dan makan dengan siapa pun di rotasi, tujuannya agar kami bisa saling kenal dan berteman baik),” ceritanya.

Untuk latihan, menurut Victor di timnas lebih berat. “Tapi saya suka, kemudian intensitasnya juga tinggi, namun saya tidak masalah dan masih bisa mengikutinya,” tuturnya.

Terakhir, Victor berharap dirinya bisa memperkuat timnas U-16. “Tentu dengan kerja keras, saya akan memberikan segenap kemampuan sepak bola saya di tim ini, dan berharap bisa terus dipanggil dan masuk memperkuat tim untuk membela Indonesia di turnamen mendatang,” tutupnya. ***