PEKANBARU - Sebanyak 270 Pasangan Bakal Calon Pilkada serentak se-Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipastikan akan meramaikan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setiap daerah.

Tak terkecuali Riau, dimana pada Pilkada serentak 2020 ini, ada sekitar 9 daerah yang akan menggelar pesta rakyat, yakni Pelalawan, Siak, Dumai, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuansing, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Dumai dan Bengkalis.

"Iya, kita akan mendaftar serentak besok, setelah shalat Jumat," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau, H Zukri kepada GoRiau.com, Kamis (3/9/2020).

Ditanya apa alasan pendaftaran dilakukan setelah shalat Jumat, Zukri mengatakan hal tersebut merupakan intruksi langsung dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, dan semua kader wajib mematuhinya.

"Itu intruksi dari pusat langsung," tambahnya.

Zukri sendiri akan maju di Pilkada Pelalawan berpasangan dengan kader Golkar, Nasarudin. Keduanya didukung oleh tiga partai yakni PDIP (5 kursi), PKB (3 kursi) dan PPP (2 kursi).

Selain Zukri, Sekretaris DPD PDIP Riau, Kaderismanto juga akan maju di Pilkada Bengkalis bersama pedangdut terkenal yang juga kader PKB, Iyeth Bustami atau Sri Barat. Mereka didukung oleh PDIP (6 kursi) dan PKB (3 kursi).

Selain dua orang itu ada enam orang lagi yang akan diusung oleh PDIP. Mereka adalah Halim - Komperensi di Kuansing, Muhammad Adil - Asmar di Kepulauan Meranti, Sukiman - Indra Gunawan di Rohul, Suyatno - Jamiludin di Rohil, Hendri Sandra - Rizal Akbar di Dumai, dan Wahyu Adi - Supriati di Inhu. ***