SIAK SRI INDRAPURA - Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita meresmikan 251 gedung kantor metrologi se Indonesia, bersempena peringatan Hari Konsumen Nasional di Gedung Sate Bandung, Rabu pagi (20/3/2019). Prosesi peresmian ditandai dengan penandatanganan 251 prasasti, termasuk kantor metrologi Kabupaten Siak.

Peresmian tersebut juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia karena dinilai sebagai penandatanganan prasasti terbanyak secara serentak di Indonesia. 

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Siak Wan Ibrahim berharap, kehadiran Kantor Metrologi Kabupaten Siak yang dirersmikan oleh Menteri Perdagangan tersebut dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat, agar tidak ada lagi kasus penipuan dan kecurangan dalam setiap transaksi ekonomi di masyarakat.

“Alhamdulillah bertepatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2019 ini, dilakukan penandatanganan prasasti Unit Metrologi Legal Kabupaten Siak oleh menteri perdagangan Enggartiasto Lukita di Kota bandung,” kata Kadis Perindustrian Perdagangan Wan Ibrahim.

Ia bersyukur sejarah peresmian Kantor UPTD metrologi legal dinas perdagangan dan perindustrian Kabupaten Siak, termasuk dalam rekor MURI untuk peresmian kantor unit metrologi legal sebanyak 251 kantor se-Indonesia.

“Pembangunan gedung metrologi menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melindungi konsumen. Metrologi menjadi instansi yang bertanggung jawab dalam menjamin timbangan atau alat ukur yang digunakan oleh para pedagang,” kata dia.

Peresmian kantor metrologi tersebut dilakukan untuk mendorong kabupaten dan kota lainnya, agar segera memiliki kantor unit metrologi legal. 

Kata Wan Ibrahim, Menteri Perdagangan telah menargetkan agar tahun ini seluruh kabupaten dan kota bisa memiliki kantor unit metrologi legal.

Sementara itu senior Manajer MURI Yusuf Ngadri mengatakan peresmian serentak kantor badan metrologi legal se-Indonesia tersebut dilakukan agar konsumen atau masyarakat lebih terlindungi dalam hal pengukuran atau tera. “Karena banyaknya gedung yang diresmikan, MURI menganugerahi piagam rekor Indonesia,” ucapnya.***