BAGANSIAPIAPI - Berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara, empat tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Panipahan, Rokan Hilir, Riau, diawasi secara ketat. Selain mengantisipasi kerawanan, kepastian logistik Pilkada juga menjadi perhatian.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik melalui Kapolsek Panipahan, Iptu Boy Setiawan SAP, MSi, Kamis (26/11/2020) mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan dan pemetaan bersama dengan pihak kecamatan, Pos Babinsa Perwakilan Panipahan, PPK, Panwaslu Kecamatan Pasir Lumau Kapas, Penghulu Panipahan Darat,Penghulu Pulau Jemur dan Penghulu Pasir Limau Kapas.

''Setelah kami melakukan peninjauan, dapat kami sampaikan, 4 TPS di tiga kepenghuluan yang berbatasan dengan Sumatera Utara itu siap melaksanakan pemungutan suara, 9 Desember 2020 mendatang,'' ujarnya.

Empat TPS di daerah perbatasan Rohil - Sumut itu meliputi:

1. Kepenghuluan Pulau Jemur, TPS 01 terletak di Jalan Kh Ibrahim RT 01 RW 04 Dusun Bandar Karya dengan jumlah DPT 257 dan TPS 02 terletak di RT 01 RW 02 Dusun Kampung Bahagia dengan DPT 271 dengan total  DPT sebanyak 528 orang dan berjarak 1,3 kilometer dari Desa Sungai Rakyat Labuhan Batu Sumut.

2. Kepenghuluan Panipahan Darat, tepatnya TPS 21 Jalan Kh Umar RT 01 RW 015 Dusun VII dengan DPT sebanyak 119 orang berjarak 1,3 kilometer dari Desa Tanjung Mulia Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Sumut.

3. Kepenghuluan Pasir Limau Kapas di TPS 13 Jalan Kampung Baru RT 02 RW 10 Dusun Podo Rukun dengan jumlah DPT 172 orang berjarak 1,5 kilometer dari Desa Tanjung Mulia Kecamatan Kanpung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Sumut.

''Setelah kami tinjau maka selanjutnya kita fokus untuk pengamanan distribusi dan penjagaan logistik dan pelaksanaan pemungutan suara, intinya siap mengamankan Pilkada,'' tegasnya.

Untuk distribusi logistik ke lokadi TPS dengan kondisi alam dan jarak tempuh rencananya akan melalui jalan darat dengan kendaraan roda dua atau jalan kaki akibat jalan rusak dan melalui transportadi laut sejauh 38 mil dari Bagansiapiapi. ***