BENGKALIS-Suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Pasalnya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bengkalis 2017, secara resmi dibuka Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman, Senin (6/3/2017).

Bertempat di aula lantai IV, Kantor Bupati, Musrenbang dalam rangka menyusun Rencana Kerja dan Pembangunan Daerah (RKPD), tahun 2018 itu, turut juga dihadiri Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, para anggota Forkopimda Bengkalis.

Kemudian, terlihat hadir Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, H Arianto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Riau, Rahmad Rahim (sekaligus narasumer), Kepala Bappeda Bengkalis, Jondi Indra Bustian dan sejumlah tamu undangan lainnya.

''Alhamdulillah kita sangat bersyukur pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD 2018, dihadiri Pak Gubri. Tentunya berbagai harapan yang disampaikannya akan kita tindaklanjuti,'' ujar Bupati Bengkalis, usai mengikuti pelaksanaan pembukaan Musrenbang.

Sebelumnya, Gubri yang akrab disapa Andi ini mengharapkan, rancangan pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2018 dapat mengedepankan sektor pariwisata dan budidaya hasil laut. Terlebih Bengkalis juga termasuk salah satu Kabupaten yang mempunyai pesisir pantai terluas di Riau.

''Peluang ini yang kita harapkan dapat mendongkrak prekonomian kerakyatan. Terutama yang kita kedepankan adalah untuk masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah. Sebagai kawasan yang memiliki sumber daya alam, seperti minyak dan gas, Gubri menegaskan bahwa penghasilan daerah terkait itu tidak lagi dapat menjamin kekuatan perekonomian. Sehingga potensi-potensi yang sangat memungkinkan perlu dilakukan percepatan untuk memaksinalkan pendapatan daerah.

''Sektor pariwisata dan pengembangan budidaya hasil laut Ini lah yang harus kita geliatkan bersama. Karena ini juga menjadi program priorotas Provinsi Riau. Tentnunya harapan kami, Kabupaten Bengkalis, juga dapat menyelaraskan hal demikian,'' sebut Andi Rachman.

RKPD

Sementara Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan ini, merupakan bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Bengkalis tahun 2018 yang tidak lagi membahas program dan kegiatan secara detail.

''Karena substansi program dan kegiatan telah dibahas pada pra Musrenbang minggu lalu,'' ujar Bupati.

Masih kata Amril, Musrenbang ini hanya merumuskan kesepakatan hasil Pra Musrenbang dan mendengarkan pemaparan dari narasumber yang nantinya akan menjadi masukkan bagi penyempurnaan Rencana Kerja dan Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkalis, tahun 2018.

''Kesempatan baik ini harus kita manfaatkan dalam menyatukan berbagai pandangan dan masukkan agar lebih terfokusnya arah pembangunan di Kabupaten Bengkalis, tahun 2018. Fokus kepada tujuan yang ingin kita capai dengan tetap menjamin kesinambungan pembangunan daerah secara menyeluruh,'' harapnya.

Menurutnya, pembangunan pada hakikatnya bukanlah perubahan dalam persepektif pemerintah semata, namun juga dalam pandangan semua pemangku kepentingan di negeri ini.

''Mari bahu membahu membangun negeri ini, melangkah bersama-sama, berjalan beriringan bersama dan insya allah kita akan tiba pada tujuan secara bersama,'' pungkas Amril.

Musrenbang dihadiri Forkopimda, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis H Arianto, Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Kepala Bappeda Bengkalis Jondi Indra Bustian, stakeholder dan tokoh masyarakat.*** #BENGKALIS