PEKANBARU - Masyarakat mengharapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan formulir C6 atau undangan memilih sudah sampai sebelum hari Pemilu Rabu besok, (17/4/2019). Hal itu diungkapkan Tokoh masyarakat di Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Aji K Ahmad yang mengatakan banyak masyarakat yang mengadu belum menerima C6 karena khawatir tak sempat mencoblos di hari Pemilu.

"Saya minta KPU agar segera menindaklanjuti keluhan kita (belum mendapat formulir C6, red), ini waktu sudah mepet, besok sudah Pemilu. Kalau tunggu pas Pemilu saja bawa KTP, waktunya singkat, orang ramai, apa cukup waktunya," ujar Aji.

Menurut Aji, masyarakat yang melapor tidak menerima formulir itu merupakan warga lama yang sebelumnya sudah rutin berpartisipasi dalam Pemilu. "Warga yang melapor ini ada yang warga lama, sebelumnya dia sudah memilih di Pilgub, makanya ini kita tidak mengerti," jelasnya.

Sementara itu, laporan masyarakat ini juga ternyata telah sampai kepada anggota DPRD Kota Pekanbaru, Fathullah. Meskipun Pemilu akan berlangsung besok, dan waktu persiapan tinggal hari ini, namun pihaknya meminta agar KPU turun langsung dan melakukan pengecekan ke TPS masing - masing.

Ads
"Tentu masyarakat dirugikan karena tidak dapat menentukan suaranya, padahal antusias masyarakat sekarang ini untuk Pemilu sangat tinggi. Makanya kalau perlu KPU pertanyakan kepada Ketua KPPSnya, apakah surat itu memang tidak ada atau disimpan, kan takutnya mereka menahan surat itu," tuturnya. ***