WHASINGTON DC - Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dan Sekretaris Fraksi PKS Sukamta mendampingi Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk sejumlah agenda kunjungan kerja resmi Fraksi PKS. Delegasi diantaranya bertemu dengan Anggota Senior Kongres AS David Price di Kantor Kongres AS (Kamis siang, 21/12).

Pada pertemuan hangat yang turut didampingi Wakil Duta Besar Indonesia di AS tersebut dibahas berbagai topik tentang penguatan kerjasama dua negara umumnya serta antarparlemen dan Fraksi PKS khususnya. Selain itu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini juga menyampaikan kepedulian PKS terhadap sejumlah isu hak asasi manusia di dunia khususnya yang terjadi di Palestina, Rohingnya, dan Uighur di Cina.

"Hari ini kami menemui Anggota Senior Kongres AS David Price dan menyampaikan langsung keinginan untuk meningkatkan kerjasama bilateral antarparlemen Indonesia-AS. Secara khusus Fraksi PKS membuka diri untuk kerjasama peningkatan kualitas demokrasi dalam area kepartaian dan keparlemenan dan mengundang beliau untuk hadir ke Indonesia dalam acara konsolidasi Anggota Legislatif Nasional PKS pada Januari 2018," kata Jazuli dalam keterangan tertulis yang dikirim ke sejumlah media.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Anggota Komisi I DPR ini, kami juga menyerukan AS sebagai negara adidaya untuk semakin berperan aktif dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan hak asasi manusia dan rakyat tertindas di berbagai belahan dunia seperti yang saat ini terjadi di Palestina, etnis Rohingnya, dan minoritas muslim Uighur di Cina.

"Tanpa bermaksud mengintervensi politik luar negeri Pemerintah AS kami mengharap kesamaan agenda dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan HAM, dan pembebasan rakyat yang masih terjajah atau tertindas di berbagai belahan dunia khususnya terhadap rakyat Palestina, etnis Rohingnya di Myanmar, dan minoritas muslim di Uighur Cina. Kami suarakan kemerdekaan penuh Palestina dan kebebasan hak asasi manusia bagi etnis Rohingnya dan minoritas muslim Uighur di Cina," tandasnya.

Upaya tersebut, lanjut Anggota DPR Dapil Banten ini, sebagai satu-satunya jalan untuk mewujudkan tata dunia yang lebih aman, damai, dan bermartabat yang semestinya menjadi tanggung jawab kolektif seluruh bangsa di dunia termasuk Indonesia dan AS.

Maksud kunjungan Fraksi PKS tersebut mendapat sambutan hangat dan bersahabat dari David Price. Menurutnya, kerjasama AS dan Indonesia semakin kuat dari masa ke masa dan dia berharap akan terus dapat ditingkatkan. Ia juga sangat konsen terhadap peningkatan kualitas demokrasi, perdamaian dunia dan hak asasi manusia sebagaimana harapan Fraksi PKS. Semoga!. ***