JAKARTA - DFSK untuk pertama kalinya menghadirkan DFSK Glory E3 di lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Bahkan mobil ini diklaim bukanlah mobil konsep karena sudah siap digunakan, dan menjadi contoh kendaraan di masa depan merek asal Tiongkok tersebut.

Glory E3 sudah diproduksi secara massal di Tiongkok, dan sudah mulai dijual di negeri asalnya semenjak kuartal pertama 2019. Kendaraan ramah lingkungan ini hadir sebagai jawaban akan tren teknologi kendaraan saat ini menuju kendaraan rendah emisi karbon namun tetap menyenangkan untuk dikendarai.

"Sejak tahun 2016, DFSK sudah melakukan riset kendaraan listrik dan memiliki fasilitas Research and Development (R&D) yang berbasis di Silicon Valley Amerika Serikat juga merekrut berbagai ahli kelas dunia serta mendirikan SERES Automotive Company yang berfokus pada pengembengan dan penelitian kendaraan energi baru. DFSK juga telah mendaftarkan dan memperoleh lebih dari 1000 paten untuk sejumlah teknologi inti seperti baterai, mesin, dan kontrol elektronik kendaraan," kata Managing Director of Sales Centre of PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, Selasa (23/7/2019) di GIIAS 2019.

Berbicara mengenai teknologi, sport utility vehicle (SUV) ini menggunakan teknologi listrik dengan model Battery Electric (BE) yang sepenuhnya mengandalkan baterai dan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya. Kendaraan ini 100 persen bebas emisi gas buang karbon, sehingga ramah lingkungan di jalan-jalan dan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan kendaraan yang hijau. Di sektor tenaga penggeraknya mengandalkan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga 163 ps dan torsi 300 Nm. Tenaga penggerak motor listrik ini bersumber kepada baterai listrik berkapasitas 52,5 kWh, dan sanggup menempuh jarak hingga 405 Kilometer dalam kondisi full baterai. Selain itu, Glory E3 juga memiliki teknologi Mileage Extended Range Technology yang mampu menempuh jarak hingga 1.000 Kilometer sebagai pilihan tambahan. Soal performa dan sensasi berkendara tetap dipertahankan berkat tiga mode berkendara yang dihadirkan yakni Normal, Eco, dan Sport. Bahkan catatan akselerasi 0-50 kilometer per jam bisa ditempuh hanya 3,9 detik. Pemilik kendaraan tidak perlu risau untuk mengecas mobil listrik ini karena rival Wuling Motors ini sudah melengkapinya dengan teknologi fast charging yang dapat dilakukan dirumah. Tercatat mengisi baterai 20-80 persen hanya membutuhkan waktu 30 menit, dan untuk slow charging membutuhkan waktu 8 jam. Soal teknologi, Glory E3 dilengkapi dengan fitur yang mudah dioperasikan dan canggih. Penumpang akan menemukan floating head unit berukuran 10,25 inci dengan didukung sistem Lin OS 4.0 versi terbaru. Head unit ini sudah didukung dengan teknologi voice command yang lebih sensitif sehingga dapat dilakukan perintah suara tanpa terlalu keras untuk mempermudah penumpang melakukan berbagai aktivitas di dalam kabin. Kemudian di bagian konsol tengah terdapat Automatic Shift Knob untuk mempermudah pengoperasian head unit. Sehingga pengemudi tidak perlu repot-repot untuk menjangkau head unit ketika sedang berkendara. Glory E3 tidak ketingglan dilengkapi dengan keamanan tinggi untuk memberikan rasa aman selama berkendara. Dari segi sasis menggunakan model monokok dengan teknologi yang memberikan rasa aman. Kemudian di bagian body juga diperkuat untuk memberikan perlindungan kepada penumpang. Beberapa fitur standar juga berikan seperti Anti-Lock Brake System (ABS) yang didukung dengan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk memaksimalkan pengereman, Electronic Stability Program (ESP) untuk menjaga traksi kendaraan, ISOFIX untuk mengunci baby car seat, 360 degrees Panoramic Parking untuk memudahkan ketika parkir, serta Vehicle Running Recorder untuk merekam segala kondisi selama perjalanan. Hingga saat ini DFSK belum berencana untuk memasarkan mobil listrik ini di Indonesia mengingat regulasinya belum ada hingga saat ini. Tetapi di Indonesia memang sudah ada beberapa merek otomotif yang menawarkan mobil listrik, seperti Mitsubishi Outlander PHEV, BMW i3, BMW i8, Toyota C-HR Hybrid, Toyota Camry Hybrid, hingga Toyota Alphard Hybrid.***