SELATPANJANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 1 (satu) di Sekretariat Bawaslu Kepulauan Meranti dengan pemotongan nasi tumpeng, Kamis (15/8/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten, Komisioner, Kordinator Sekretariat (Eri Gunawan) dan seluruh staf Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam kesempatan tersebut Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti, Kordiv Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas, Romi Indra menyampaikan tepat tanggal 15 Agustus 2019, genap 1 tahun usia Bawaslu Kabupaten/Kota yang mana sebagaimana diketahui kelembagaan Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota bersifat Permanen yang dibentuk dari Undang Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan pada saat itu dilantik Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti di Hotel Bidakara Jakarta.

"Kita patut bersyukur dengan adanya perubahan regulasi tersebut sehingga kelembagaan kita bersifat tetap, yang sebelumnya bersifat adhoc (sementara). Harapan kita agar dengan perayaan Hari Ulang Tahun Bawaslu Kabupaten ini agar kita dapat meningkatkan kualitas kinerja kita dan meningkatkan kualitas kerja - kerja Pengawasan untuk menghadapi Pilkada 2020," ujar Romi.

Ads
Romi juga menuturkan, patut bersyukur meskipun umur Lembaga ini baru 1 tahun dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan tidak ada permasalahan yang berarti, sehingga penyelenggaraan pemilu 2019 berjalan dengan baik, aman dan lancar. Dengan tidak adanya gugatan di MK oleh peserta Pemilu juga merupakan salah satu indikator keberhasilan tugas - tugas pengawasan, juga dapat dimaknai peserta pemilu tingkat Kabupaten merasa puas atas hasil pemilu yang sudah didapatkan.

Kemudian Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti, juga selaku Kordiv SDM dan Organisasi, M. Zaki juga menyampaikan dengan bertambahnya usia Bawaslu Kepulauan Meranti dapat terus menjaga kekompakan dan soliditas yang utama, ibarat organ tubuh, apabila ada satu organ yang sakit maka semua organ akan sakit, begitulah analogi berorganisasi di kelembagaan Bawaslu Meranti.

"Jika ada rekan kita satu orang yang sakit maka kita semua akan merasakan sakitnya, mari kita pererat silaturahmi kita, agar tugas - tugas kita kedepan dapat kita laksanakan dengan baik sesuai dengan Visi Misi Bawaslu," harapnya.***