BANGKINANG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menaja Rapat Konsultasi Publik (RKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2020. RKP Ranwal RKPD 2020 ini digelar di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (18/12/2018).

Rapat ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Kampar Bidang Ekonomi dan Keuangan Ir. Aliman Makmur, M.Si, Phd mewakili Bupati Kampar Azis Zaenal. Rapat ini dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal, S.Sos, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Kardinal Kasim SE, MM, Tim Ahli DR. Hendro Ekwarso dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Riau, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Kabid, Kasubbid, Kasubbag di lingkup Bappeda Kabupaten Kampar, Camat, Pimpinan BUMN dan Perusahaan Swasta wilayah operasional Kabupaten Kampar, dan Perguruan Tinggi.

Bupati Kampar pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dari sisi ekonomi makro, estimasi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar dalam lima tahun terakhir tahun 2016-2020 cenderung mengalami fluktuasi. Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 sebesar 2,82 persen tahun 2017 sebesar 2,76 persen, pada tahun 2018 diperkirakan sebesar 2,77 persen, pada tahun 2019 diperkirakan sebesar 2,80 persen dan pada tahun 2020 diperkirakan sebesar 3,02 persen.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 86 Tahun 2017, Pemerintah Daerah diwajibkan untuk menyusun RKPD sebagai landasan penyusunan R-APBD tahun berikutnya. Penyusunan RKPD dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu Penyusunan Rancangan Awal, Pelaksanaan Musrenbang, Penyusunan Rancangan Akhir dan Penetapan RKPD. “Forum ini merupakan wadah musyawarah yang melibatkan pemangku kepentingan Kabupaten Kampar untuk pemutakhiran Rancangan Awal RKPD,” ujar Bupati.

Disampaikan Bupati bahwa Dokumen Rancangan Awal RKPD tahun 2020, akan menjadi acuan oleh Perangkat Daerah untuk menyusun Rancangan Renja Perangkat Daerah (PD). Dengan demikian Rancangan Renja Perangkat Daerah harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam Rancangan Awal RKPD Tahun 2020.

Kepada seluruh Perangkat Daerah Bupati minta untuk menyusun Rancangan Renja PD dengan tetap mempedomani skala prioritas dan Rencana Strategis masing-masing Perangkat Daerah serta upaya pencapaian Target Pembangunan Kabupaten Kampar. Disamping sumber pendanaan APBD Kabupaten Kampar, masih ada peluang untuk mendapatkan sumber pendanaan lainnya, baik dari APBD Propinsi, maupun APBN. “Untuk itu saya minta peran aktif Kepala OPD untuk meraih peluang pendanaan dimaksud, sebagai mana yang telah kita lakukan bersama pada tahun 2019, dimana penerimaan dana perimbangan mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati bahwa hasil pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020 sangat erat hubungannya dengan R-APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2020. “Untuk itu diminta kepada pejabat dan personil Perencanaan Perangkat Daerah tetap konsisten dengan kesepakatan forum ini guna mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Kampar yang kita cita – citakan,” ujar Bupati Kampar.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Konsultasi Publik ini antara lain untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2020 dengan menitikberatkan aspek teknokratis, menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2020, memperoleh rumusan sementara prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2020 dan mendapatkan rincian rancangan awal kerangka anggaran dan kerangka regulasi menurut Perangkat Daerah (PD) yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan Renja PD.

Dalam forum Konsultasi Publik ini, Bappeda Kabupaten Kampar, mengkonsultasikan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020 kepada publik, untuk memperoleh masukan dan tanggapan dari masyarakat guna penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2020.

Hasil dari pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan Awal RKPD Tahun 2020, yang lebih menitikberatkan aspek teknokratis meliputi : Rencana Program dan Kegiatan Prioritas Daerah, Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020, sehingga tersusunnya arah kebijakan pembangunan yang menjadi pedoman dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut, saat rapat pleno kedua Kepala Bappeda Kampar juga menyampaikan ekpose tentang Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2020. Sementara Ketua Tim Ahli Hendro Ekwarso menyampaikan materi tentang kondisi ekonomi makro Kabupaten Kampar dari tahun 2013-2020. Diperkirakan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar pada tahun 2020 sebesar 3,02 persen.

Pada pleno kedua ini diskusi dipandu oleh Kepala Bidang Litbang, Perencanaan dan Pengendalian Yusdiyen Hadinata, SSi, M.Si. Banyak masukan saran dan pertanyaan yang disampaikan oleh peserta rapat terkait dengan rancangan awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020.

Adapun peserta yang menyampaikan pertanyaan saran dan pendapat yakni, Musnaini (Dinas Perpustakaandan Arsip), Nurahmi (Staf Ahli Bupati Kampar), Syawir Dt Tandiko (DPM-PTSP), Winda (PT Chevron). Semua pertanyaan saran dan masukan ditanggapi dengan gamblang oleh narasumber. Rapat diakhiri dengan penandatanganan berita acara RKP Ranwal RKPD 2020 oleh Kepala Bappeda Afrizal dan perwakilan peserta rapat. ***