PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, Parisman Ihwan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera menuntaskan persoalan sampah yang sudah dikeluhkan oleh masyarakat di Pekanbaru.

Dikatakan pria yang biasa disapa Iwan Fatah ini, dia mendapatkan banyak sekali kiriman foto dari konstituennya terkait masalah sampah ini dan semua masyarakat meminta dia menyuarakan ini.

"Saya banyak dapat kiriman foto dan laporan dari masyarakat, mereka sudah sangat risih dengan masalah sampah. Dan saya juga sudah sangat sering menerima keluhan masyarakat soal sampah ini," kata politisi Golkar ini, Senin (4/1/2021).

Sayangnya, keluhan-keluhan masyarakat ini tidak bisa dijawab oleh Pemko Pekanbaru melalui aksi nyatanya, sehingga permasalahan ini terus terjadi secara berulang-ulang. 

Dari foto-foto yang ada, menurut Iwan, permasalahan sampah sudah klimaks dimana hampir di semua daerah terjadi penumpukan sampah akibat tidak adanya mobil yang mengangkut klainny

Permasalahan sampah, lanjutnya, tentu menjadi catatan buruk di Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Riau. Harusnya, sebagai ibukota, Pekanbaru harus memberikan contoh yang baik untuk kabupaten/kota lainnya

Apalagi, Pemko Pekanbaru pernah menjadi kota terbersih dan mendapatkan piagam adipura.

Berdasarkan informasi yang dia terima saat ini, ujar Iwan, permasalahan terjadi akibat kelalaian dari Dinas terkait dalam menunjuk kontraktor yang melakukan distribusi sampah dari masyarakat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal itu, katanya, merupakan kewenangan dari Pemko Pekanbaru sehingga dia tidak bisa melakukan intervensi langsung. Namun, dia sudah menyampaikan hal ini kepada rekan-rekannya di DPRD Kota Pekanbaru.

"Masyarakat itu tidak tahu masalah kontrak kerja ini, yang masyarakat tahu itu cuma bagaimana sampah itu bisa dibereskan dari pemukiman mereka," tegasnya.***