JAKARTA - Banjir melanda Jakarta pada Rabu (1/1/2020). Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) pun turut bergerak membantu warga korban terdampak.

Sedikitnya 10 personel dari Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) langsung diterjunkan ke dua lokasi, yakni daerah Cipinang Melayu dan Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Lokasi pertama yang dituju tim BAZNAS Tanggap Bencana untuk dilakukan evakuasi adalah kawasan Cipinang, Kebon Pala, Kampung Makassar, Jakarta Timur. BAZNAS juga melakukan evakuasi di kawasan Pinang Ranti.

"Dalam kondisi hujan yang masih mengguyur dengan intensitas sedang, tim BAZNAS Tanggap Bencana melakukan evakuasi kepada warga yang masih bertahan di rumahnya karena ketinggian air yang merendam sudah mencapai 100 cm lebih dengan menggunakan perahu karet," kata Humas BAZNAS, Yudhiarma dalam rilisnya, Rabu (1/1/2019).

Anak kecil dan Lansia jadi prioritas evakuasi Tim BAZNAS Tanggap Bencana, karena ketinggian air perlahan terus mengalami peningkatan hingga merendam seluruh bagian rumah. Evakuasi menggunakan perahu LCR.

Saat ini tim BAZNAS Tanggap Bencana sedang menyiapkan bantuan tambahan untuk mempercepat evakuasi korban yang masih terjebak di rumah masing-masing.

Kepala BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Aditya Mandana Putri mengatakan, "warga terdampak banjir harus segara dievakuasi untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman, mengingat hujan masih terus mengguyur sebagian besar kawasan Jakarta hingga pagi ini,".

Seperti diketahui, hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa Sore (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) dini hari, membuat sebagian besar wilayah Jabodetabek khususnya Jakarta, terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 30-200 cm.***