PANGEAN - Jalur 'Linggar Jati' dari Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau memulai tahun 2017 dengan prestasi yang gemilang. Dimana, pada pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo Pangean 3-5 Mei 2017, jalur tersebut meraih juara III.

Untuk diketahui, jalur tersebut bernama 'Linggar Jati JA RAPP' dan pernah meraih juara I di Tepian Narosa pada ajang pacu jalur nasional pada tahun 2012.

Setelah itu, prestasi 'Linggar Jati' mengalami pasang surut. Kini, sejak dibina Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing, jalur 'Linggar Jati' diubah menjadi 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing'.

Bangkitnya jalur 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' tak terlepas dari dukungan penuh Kejari Kuansing.

"Alhamdulillah, jalur andalan kita meraih Juara III di Tepian Rajo Pangean. Ini suatu prestasi yang membanggakan kita semua," ujar Kajari Kuansing, Jufri, SH, MH melalui Kasi Intel, Revendra, SH, Minggu (7/5/2017) di Telukkuantan.

Dikatakan Revendra, Kejari Kuansing sangat peduli dengan kebudayaan masyarakat Kuansing, terutama pacu jalur. "Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap budaya."

"Kita yang berada di Kuansing secara otomatis sudah menjadi bagian dari masyarakat. Karena itu, kita terpanggil untuk melestarikan pacu jalur," papar Revendra.

Ia berharap agar para pemacu 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' terus berlatih, sehingga bisa meningkatkan prestasi di berbagai ajang.

Sementara itu, Marwan B, pengurus jalur 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' mengucapkan terimakasih kepada Kejari Kuansing yang telah memberikan dukungan untuk jalurnya.

"Masyarakat Pulau Kumpai sangat berterimakasih kepada Kejari Kuansing. Dukungan ini membangkitkan semangat kami untuk terus berlatih dan meningkatkan prestasi," ujar Marwan.

Pada iven pacu jalur ajang uji coba kemaren, tak mudah bagi 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' untuk sampai ke posisi III. Sebab, di hari pertama saja ia sudah berhadapan dengan 'Meriam Onggang Parau', jalur yang dijuluki penjelajah gelanggang.

Begitu juga di hari kedua pada putaran pertama, 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' langsung berhadapan dengan 'Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri'. Alhasil, jalur Peranap -Inhu tersebut harus pulang.

Pada putaran kedua, dewi fortuna berpihak kepada 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing'. Jalur ini meraih tiket gratis untuk melaju ke hari ketiga setelah mendapat undian 'bay'.

Di hari ketiga putaran pertama, 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' bertemu dengan 'Upae Saghok Ghimbo Dusun RM Setia Kawan'. Kekuatan penuh diserahkan 'Linggar Jati' sehingga masuk empat besar.

Setelah lolos ke putaran semifinal, 'Linggar Jati Adhyaksa Kuansing' langsung bertemu 'Siposan Rimbo RAPP'. Alhasil, laju 'Linggar Jati' terhenti oleh 'Siposan Rimbo'.

Memperebutkan posisi III dan IV, 'Linggar Jati' bertemu jalur 'Batu Hijau Tuah Negeri' dari Baturijal Peranap yang juga kalah oleh 'Marangin Montiak Tuah Lipai'. Alhasil, 'Batu Hijau Tuah Negeri' harus rela menempati posisi ke-4.***