PANGKALAN KERINCI -Pelaksanaan Pendaftaaran Siswa Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pangkalan Kerinci telah dimulai pada Senin (21/6/2021). Jumlah pendaftar hari pertama membludak.

Ini terungkap saat Bupati Pelalawan, H Zukri meninjau pelaksanaan PPDB secara online di SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Tingginya minat orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah favorit tersebut.

"Sampai saat ini, sudah ada sekitar 500 pendaftar. Sementara daya tampung sekolah hanya sekitar 352 siswa," kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci, Abu Tohir.

Untuk mengatasi kekurangan daya tampung SMP di Kota Pangkalan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan akan segera menyiapkan SMP Negeri 5 Pangkalan Kerinci, sebagai solusinya.

"Daya tampung SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci 1 sudah sangat maksimal, maka sebagai solusinya akan disiapkan SMP 5. Jadi itu akan jadi salah satu solusi bagi orangtua yang menginginkan anaknya masuk sekolah negeri," kata Bupati Zukri, usai meninjau PPDB.

Untuk sementara salah satu tempat yang akan disiapkan adalah AKNP di samping SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Yang nantinya SMP Negeri 5 Pangkalan Kerinci akan dibangun di wilayah Pasar Baru.

"Tahun ajaran 2021 ini dimulai, makanya kita tinjau kondisi SMP 1 ini. Ternyata di hari pertama ini saja yang sudah daftar 500, sementara daya tampung tak sebanyak itu. Jadi tak mungkin tercover," papar Bupati Zukri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kabupaten Pelalawan, Atmonadi di dampingi Sekretaris, Martias mengatakan, pihaknya akan menyiapkan 3 lokal sebagai solusi persoalan tetsebut.

"Tahun ini akan disiapkan 5 lokal untuk SMP 5 Pangkalan Kerinci 5. Mudahan bisa mengatasi persoalan kekurangan lokal," katanya.

Data yang ada, jumlah siswa Sekolah Dasar (SD) di Pangkalan Kerinci yang lulus tahun in, dari 14 sekolah dasar negeri yang ada sebanyak 1.275 siswa. Sementara daya tampung SMP negeri di Pangkalan Kerinci hanya 29 ruang belajar atau 928 siswa.***