PEKANBARU - Pihak Keamanan (Avsec) Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Kota Pekanbaru - Riau pada Jumat (1/6/2018) mengamankan sekitar 31,3 kilogram kulit hewan, berupa ular serta Biawak.

Jumlahnya ada dua Koli dengan berisi kulit ular dan biawak seberat 31,3 Kilogram. Semuanya sudah diamankan dan pihak Bandara SSK II Pekanbaru telah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi SDA (BBKSDA) Riau.

Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait pada Jumat malam menuturkan, awalnya petugas Avsec yang bertugas di operator X-Ray mencurigai salah satu kiriman barang.

"Siang tadi, operator X-Ray mencurigai adanya tampilan layar monitor salah satu kiriman barang, dari sekian banyak barang yang diperiksa milik Ekspedisi J&T dengan tujuan Jakarta via Citilink," ungkapnya.

Dari kecurigaan hasil X-Ray tersebut, petugas kemudian mengambil langkah dengan melakukan pemeriksaan secara manual. Ternyata, barang yang dicurigai tersebut berisi tumpukan kulit ular dan biawak.

"Sekitar dua Koli dengan berat total 31,3 kilogram. Kita kemudian berkoordinasi dengan BBKSDA," lanjut Jaya Tahoma.

Setelahnya, pihak Bandara menyerahkan temuan itu ke BBKSDA, untuk tindak lanjut. Adapun kulit ular dan Biawak tersebut sudah dikemas rapi dan dibungkus dengan plastik.

Menariknya, pada kertas (Resi, red) pengiriman tersebut, ditulis jika deskripsi barang merupakan kain. Ternyata setelah dicek manual oleh petugas, ditemukan kulit ular dan Biawak. ***