DUMAI - Sebagai daerah sentra produksi hilir Kelapa Sawit, Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) Kota Dumai mendorong pemerintah untuk mendirikan Politeknik Kelapa Sawit Negeri.

Dalam pelaksanaan peresmian PT Energi Sejahtera Mas yang berada di kawasan industri Lubuk Gaung Dumai, Airlangga Hartanto menteri Perindustrian Republik Indonesia pernah menyampaikan bahwa terdapat peruntukan pendirian Poleteknik Kelapa Sawit di Kota Dumai.

Dikatakannya juga pada saat itu, peruntukan pembangunan kampus negeri tersebut terdapat anggaran Rp 30 miliar.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Apkasindo Kota Dumai, Abdul Kosim mengatakan, dengan adanya pernyataan dari menteri Perindustrian tersebut, seharusnya pemerintah lebih pro aktif dalam menjemput anggaran tersebut.

Ads
"Kita dari Apkasindo tentunya akan mendorong pemerintah, agar kampus Poleteknik Kelapa Sawit Negeri berdiri di Kota Dumai," kata Abdul Kosim kepada GoRiau.com, Minggu (23/6/2019).

Kota Dumai yang merupakan sentra produksi hilir, dikatakannya sangat membutuhkan hadirnya poleteknik tersebut untuk memberikan kesempatan putra putri Dumai dalam bersaing merebut peluang kerja dibidang tersebut.

"Kota Dumai juga merupakan kawasan yang strategis, dimana bertentangga dengan kabupaten yang menjadi hulu perkebunan sawit," katanya.

Disebutkannya juga, pemerintah kota Dumai diharapkan tidak melepaskan peluang tersebut, seperti pembangunan Poleteknik Pelayaran yang terlepas ke Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

"Jika kesempatan tersebut terlepas, tentunya sangat rugi, dimana Gubernur Riau sendiri sudah mempunyai program dalam pengembangan industri kelapa sawit untuk wilayah kota Dumai," katanya mengakhiri. ***