SIAK - Jalan Lintas Timur Sumatera tepatnya di daerah Minas-Kandis (Kabupaten Siak) dan Pinggir-Duri (Kabupaten Bengkalis), sering terjadi kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas). Untuk mengantisipasinya, Polres Siak dan Bengkalis melakukan beberapa upaya selama Operasi Lilin Muara Takus 2018 mulai 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019.

Kapolres Siak, AKBP Ahmad David mengatakan kepada GoRiau.com, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan diletakan Pos Pam di wilayah rawan kecelakaan. Selain itu juga ada spanduk himbauan sebagai peringatan bagi pengguna jalan.

"Kita juga lakukan patroli di daerah rawan terjadinya kecelakaan. Patroli menggunakan mobil dan sepeda motor untuk mengantisipasi kemacetan akibat kecelakaan," ujar AKBP David, Jumat (21/12/2018).

Ditempat terpisah Kapolres Bengkalis, AKBP Yusuf Rahmanto mengatakan, selama Operasi Lilin Muara Takus 2018 tidak ada pengerjaan jalan atau pun buka tutup jalan.

"Kita sudah ingatkan pihak kontraktor untuk menghentikan sementara pengerjaan jalan, hingga operasi lilin ini selesai," ungkap AKBP Yusuf.

Selain itu, untuk penempatan Pos Pengamanan ada tiga lokasi, dikatakannya, seperti di Desa Muara Basung (Kecamatan Pinggir), Simpang Pokok Jengkol (Kecamatan Mandau), dan depan UPTD Dishub Mandau (Kecamatan Bathin Solapan).

"Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, kita juga melakukan upaya patroli di jalan raya. Kita juga menghimbau kepada pengendara untuk mengutamakan keselamatan di jalan raya," katanya.

Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian, terjadinya kecelakaan di Jalan Lintas Timur Minas - Duri, disebabkan karena kelalaian pengemudi dan juga disebabkan karena kelelahan sehingga konsentrasi menurun. ***