PEKANBARU, GORIAU.COM - Angin kencang dengan kekuatan yang cukup besar akan selalu datang bersamaan dengan turunnya hujan di beberapa daerah di Riau. Karena itu, saat akan turun hujan, warga Riau harus meningkatkan kewaspadaan apalagi curah hujan di Riau sangat tinggi.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat curah hujan di Riau akan tinggi karena disebabkan badai tropis.


"Data dari BMKG Stasiun Pekanbaru, kejadian curah hujan yang cukup tinggi disebabkan adanya dua badai tropis yang membentuk daerah tekanan rendah saat ini, sehingga mengangggu cuaca sebagian besar wilayah Riau. Dua badai tropis itu berasal dari Australia beberapa hari dan di Filipina baru berlangsung," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melalu Staf Analisis Warih Budi Lestari, Kamis (21/2/2013)


Warih mengatakan, yang terparah adalah badai tropis yang terjadi di Australia yang menyebabkan terjadi pembelokanya angin yang lumayan signifikan di atas permukaan Provinsi Riau. Sedang badai tropis di Filipina juga menganggu namun ini tidak separah daerah tekanan rendah yang terbentuk di Australia.


Dikatakannya, untuk daerah tekanan rendah Australia yang disebabkanya terjadi fenomena alam Maddelen Julian Oscillation (MJO) di bagian Utara, yang membuat angin memanjang dari Selat Makasar, namun melintasi Provinsi Riau berdampakan turunya hujan di sejumlah kabupaten/kota. Tetapi ini sudah mulai berkurang.


"Badai tropis di Australia telah terjadi sejak tiga hari terakhir ini memang sudah mulai berkurang. Namun dampaknya masih cukup signifikan mengingat terus terjadinya pembelokan angin menyebabkan curah hujan diwilayah Riau sekitarnya cukup tinggi," katanya badai tropis Filipina baru diketahui sejak pagi tadi.


Dikatakanya, berdasar analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, badai tropis Filipina tampaknya akan bertahan hingga tanggal 26 Februari mendatang. Dengan demikian gangguan cuaca atau tingginya curah hujan di Provinsi Riau diperkirakan akan berlangsung dengan intensitas cukup deras, melanda kabupaten/kota di Riau.


"Potensi hujan berlaku untuk seluruh wilayah Riau. Tetapi, untuk Riau bagian barat seperti di Kabupaten Kampar dan Riau bagian tengah yakni Kota Pekanbaru akan berpotensi dilanda hujan berintensitas cukup tinggi. Sementara di daerah lainnya itu berintensitas sedang dan ringan. Tapi tetap harus diwaspadai," katanya. (rdi)