JAKARTA - Pasangan ganda putra Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan terpilih sebagai kapten dan wakil kapten tim Piala Sudirman Indonesia tahun ini. Pasangan juara All England 2019 tersebut dianggap dapat mengayomi para atlet yang tergabung dalam tim inti.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, dalam acara konferensi pers Pelepasan Tim Piala Sudirman 2019 yang berlangsung di Hotel Century, Senayan, Sabtu (11/5) pagi.

"Piala Sudirman adalah kejuaraan beregu campuran. Dari pengalaman kami membawa tim, bagaimana caranya bisa membuat tim itu solid, kompak dan interaksi komunikasi bisa berjalan baik, karena kalau sudah (berangkat) ke sana, faktor teknis itu cukup berperan, tapi yang lebih banyak berperan itu faktor non teknis," kata Budiharto.

"Kalau di pertandingan beregu, penampilan anak-anak secara kualitas memang lebih baik. Untuk itu, dibutuhkan satu figur yang bisa menyatukan mereka semua, dan Hendra yang dibantu Ahsan dengan pengalaman dan dari sisi kepribadiannya bisa memberikan pengayoman, ketenangan dan kenyamanan kepada anggota tim semua. Itu kesan kami memilih Hendra dan Ahsan sebagai kapten dan wakil kapten," sebut Budiharto.

Ads
Sebelumnya di kejuaraan Piala Thomas 2018, Hendra juga menjadi kapten tim. Sedangkan Greysia Polii menjadi kapten tim Piala Uber 2018.

Perkuat tim Piala Sudirman 2019, Hendra/Ahsan mengaku persiapan mereka tak terlalu panjang, karena mereka baru saja kembali dari kejuaraan New Zealand Open 2019 dan mereka keluar sebagai juara.

"Buat kami persiapannya nggak terlalu banyak, karena baru pulang dari New Zealand. Beberapa hari ini kami dimaksimalkan oleh pelatih dari segi teknik dan fisik. Yang penting dari kami harus selalu jaga kekompakkan," kata Ahsan dalam konferensi pers.

"Nggak berat sih jadi wakil kapten, kan ada koh Hendra, jadi nanti saling membantu saja," ujar Ahsan.

Sementara itu, Hendra hari ini berhalangan hadir ke acara pelepasan tim Piala Sudirman karena sedang sakit gigi. ***