PEKANBARU - Ahmad Syah Harrofie resmi dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau menggantikan Ahmad Hijazi, yang sebelumnya telah menerima surat pemberhentian berdasarkan keputusan Presiden RI, Joko Widodo.

Ahmad Syah, pun langsung dilantik oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (14/8/2019) siang.

Menanggapi pergantian Sekda tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau yang membidangi pemerintahan, Taufik Arrakhman berharap, agar Ahmad Syah segera menyesuaikan diri dengan waktu yang tersedia, yaitu tiga bulan.

"Kita harapkan segera menyesuaikan dengan waktu yang tersedia. Kita yakin Pak Ahmad Syah bisa karena beliau juga seseorang yang berpengalaman," kata Taufik.

Ads
Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Riau, Husni Tamrin meyakini, bahwa pergantian tersebut pasti sudah dipertimbangkan dengan baik. Sehingga, meskipun saat ini Pemprov dan DPRD sedang dalam pembahasan APBD 2020, pergantian Sekda tidak berpengaruh terhadap kinerja mereka.

"Sekda ini tangan gubernur untuk berkomunikasi dengan DPRD, Kalau Pak Ahmad Syah beliau kan sudah berpengalaman dan bisa memahami. Waktu pergantian disaat pembahasan APBD ini pun tidak berpengaruh dan mau tidak mau harus dihadapi. Karena beliau juga masuk Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," jelasnya.***