TELUKKUANTAN - Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mencapai 73 persen atau 234 dari 317 kasus per 2 November 2020.

Selain itu, dalam dua hari terakhir tidak ada penambahan kasus baru di Kuansing. Menurut Agusmandar, Jubir Penanganan Covid-19 Kuansing, saat ini masih terdapat enam pasien menjalani perawatan di Pinere RSUD Telukkuantan.

"Sementara itu, 68 orang lainnya menjalani isolasi mansdiri dan sembilan orang meninggal dunia," ujar Agusmandar, Selasa (3/11/2020) di Telukkuantan.

"Kabar baiknya, ada 11 orang yang dinyatakan sembuh kemaren," kata Agusmandar.

Adapun 11 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 tersebut yakni Tn. DAM (46), Tn. DD (38), Ny. EE  (47), Ny. ERD (32), Tn. HS (50), Tn. JS (42), Nn. MT (13), Ny. MS (47), Ny. TS (40), Tn. KP (43), semua merupakan warga Kecamatan Singingi Hilir. Terakhir, Ny. R (59) yang merupakan warga Kecamatan Logas Tanah Darat.

Selain merawat pasien positif, RSUD Telukkuantan juga sedang merawat dua orang pasien suspek. Untuk pasien suspek Covid-19 di Kuansing, tercatat 111 kasus. Dimana, 89 orang sudah sembuh dan 20 orang meninggal dunia.

Menurut Agusmandar, tak tertutup kemungkinan akan terjadi lagi lonjakan kasus di Kuansing. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar selalu melaksanakan gerakan 3M.

"Mari bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujar Agusmandar.

Pemkab Kuansing juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaan. Menurut Agusmandar, Covid-19 bisa menular dari siapa saja ke siapa saja. Tak ada jaminan bahwa seseorang tidak menularkan virus walaupun dia tidak sakit.

"Maka, pilihan terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Kemudian, jaga pola hidup sehat dengan makan buah, sayuran, rutin olahraga, konsumsi vitamin dan istrahat yang cukup," papar Agusmandar.***