TELUKKUANTAN - SMPN 1 Kuantan Hilir Seberang (KHS), Kuantan Singingi (Kuansing), Riau dibongkar maling. Akibatnya, 65 unit tablet, komputer dan infokus raib.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing Jupirman, pihak sekolah baru mengetahui kemalingan pada Selasa (18/2/2020) pagi.

"Sekitar pukul 07.30 Wib, wakil kepala sekolah melihat ada keanehan pada ruang penyimpanan tablet dan komputer. Setelah diperiksa, ternyata tablet sudah tidak ada," ujar Kepala Disdikpora melalui Sekretarisnya Masrul Hakim, Rabu (19/2/2020) siang di Telukkuantan.

"Tablet itu bantuan dari pusat pada tahun 2019 lalu, komputer bantuan tahun 2018 dan dua unit infokus bantuan tahun 2018 dan 2019. Semua bantuan dari pusat," ujar Masrul.

Dikatakan Masrul, pihak sekolah menemukan ventilasi dirusak oleh maling tersebut. Kuat dugaan, maling masuk lewat ventilasi yang tidak berteralis.

"Kalau ditotal kerugian, itu lebih Rp100 juta. Kalau tak salah, harga tablet sekitar Rp2 juta per unit," papar Masrul. Kasus tersebut sudah dilaporkan ke polisi guna proses hukum lebih lanjut.***