PEKANBARU - Sekretaris DPRD Riau, Muflihun angkat bicara terkait adanya kabar penambahan 17 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kalangan internal DPRD Riau berdasarkan hasil swab massal pada Senin lalu (7/9/2020).

Dijelaskan pria yang disapa Uun ini, dari hasil tiga kali swab yang sudah dilakukan terdapat 17 orang yang positif Covid-19, bukan 23 orang. Pasalnya, penambahan 17 orang pada swab Senin kemarin, hanya dikenali 10 orang saja.

"Dari 17 ini, yang dikenali hanya 10. 7 orang lagi kita duga orang luar yang ikut swab di Lapangan Tenis DPRD Riau," kata Uun kepada GoRiau.com, Jumat (11/10/2020).

Sebagai informasi, pada Minggu lalu, sekitar 6 orang di DPRD Riau terkonfirmasi positif Covid-19, 4 diantaranya adalah Anggota DPRD Riau, kemudian 2 orang staff di DPRD Riau juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Lalu, satu orang lagi Anggota DPRD Riau juga dinyatakan positif Covid-19, namun satu orang ini melakukan swab mandiri di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru. Jadi total ada 7 orang terkonfirmasi.

Kemudian ditambah dengan hasil swab massa di Lapangan Tenis hari Senin yang berjumlah 10 orang. Artinya, sampai hari ini ada. 17 orang internal DPRD Riau yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekretariat DPRD Riau sendiri sudah memutuskan untuk memberlakukan sistem kerja Work From Home (WFH) kepada seluruh staff di DPRD Riau, yang masuk kantor hanya pejabat struktural saja.

"Kita juga sudah melakukan langkah antisipatif secara berkesinambungan, mulai dari sterilisasi areal gedung, pengetatan aturan pemakaian masker dan cuci tangan, hingga pelaksanaan swab test berkelanjutan," lanjut Uun.

Dalam waktu dekat ini, DPRD Riau juga akan kembali melakukan swab test di lingkungan DPRD Riau. Uun berharap, segala upaya ini bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di DPRD Riau.

"Kita sudah berupaya, dan kita berharap penyebaran ditekan. 17 orang yang positif ini masih dari hasil tracing yang ada, yakni staff di Banmus dan staff di komisi yang ada anggota positif," tutupnya. ***