PEKANBARU - Jumlah titik panas (hotspot) yang terpantau citra satelit Terra Aqua di Pulau Sumatera pada Jumat (9/8/2019) pagi ini, terpantau 67 titik dengan level confidence (tingkat kepercayaan, red) di atas 50 persen.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah mengatakan, bahwa 67 titik panas tersebut tersebar di Provinsi Aceh sebanyak sembilan titik, Jambi sebanyak delapan titik, Sumatera Utara sebanyak satu titik dan Riau sebanyak 49 titik.

"Berdasarkan laporan per tanggal 9 Agustus 2019, pada pukul 07.00 WIB, kami lihat Riau yang terbanyak hotspotnya hari ini, sebanyak 49 titik," kata Yudhistira di Pekanbaru, Jumat pagi.

Dari 49 titik yang terdeteksi citra satelit di Riau itu, terbanyak terpantau di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sebanyak 17 titik dan Indragiri Hilir (Inhil) sebanyak 16 titik. Kemudian, disusul Rokan Hilir (Rohil) sebanyak lima titik, Siak sebanyak lima titik, Bengkalis sebanyak tiga titik, Pelalawan sebanyak dua titik dan Kampar sebanyak satu titik.

Jika dilihat dari jumlah hotspot yang berada di atas level confidence 70 persen, kata Yudhistira, Inhu juga menjadi daerah yang paling membara karena 16 titik panasnya berada di atas level confidence 70 persen yang diduga sebagai titik api dan disusul oleh Inhil sebanyak 14 titik.

"Kalau untuk Bengkalis, Kampar dan Rohil masing-masing ada satu titik, Pelalawan dua titik, dan Siak empat titik yang berada di atas level confidence 70 persen," tuturnya. ***