PEKANBARU - Ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Palembang dan Jakarta tinggal menghitung hari, dan saat ini seluruh atlet Indonesia terus memantapkan diri untuk bertanding menghadapi atlet-atlet terbaik se-Asia demi mengharumkan tanah air dikancah dunia.

Tidak terkecuali Riau, yang turut mengirimkan 24 atlet andalannya untuk mewakili Indonesia pada perhelatan olahraga terakbar se-Asia itu. Puluhan atlet dari Bumi Melayu ini akan bertanding dari beberapa cabang olahraga (cabor) berbeda.

Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Pembinaan dan Prestasi (Bimpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Ridaswin mengungkapkan, 24 atlet Riau yang mewakili Indonesia di Asian Games 2018 mengikuti sembilan cabor.

"Sembilan cabor yang akan diikuti 24 atlet Riau di Asian Games 2018, yakni cabor anggar, cabor dayung, cabor senam artistik, cabor renang, cabor sepak takraw, cabor taekwondo, cabor balap sepeda, cabor atletik dan cabor menembak," tuturnya.

Dari sembilan cabor, Ridaswin melanjutkan, Riau mengirimkan atlet andalan cukup banyak untuk cabor dayung, sekitar enam atlet, yakni Tanzil Hadid, Maizir Riyondra, Nopriadi, Rio Akbar, Raudani Fitra dan Alfoncina Monim.

"Kemudian, untuk cabor anggar ada lima atlet, Megawati, Nurul Aini, M Zulfikar, M Fajri dan M Zuhdi. Sedangkan cabor senam ada tiga atlet, M Tri Saputra, Agung Suci Tantio Akbar dan M Aprizal," papar Ridaswin.

Untuk cabor renang, tentunya ada dua atlet andalan Riau yang selalu mewakili Indonesia diberbagai kejuaraan internasional, yaitu Azzahra Permatahani dan Ananda Treciel Vanessae Evato yang saat ini berlatih di Bali.

"Juga ada dua atlet dari cabor sepak takraw, Florensia Cristy dan Sutini. Serta, dua atlet cabor menembak, Barry Agustini dan Totok Trimartono. Untuk cabor atletik ada dua atlet, Elisar Gamashi dan Deni Putra Yohanes," rincinya.

"Terakhir, Riau mengirimkan masing-masing satu atlet dari cabor balap sepeda dan cabor taekwondo. Ialah Noviana yang akan bertanding di cabor balap sepeda dan Ibrahim Zarman yang akan bertanding di cabor taekwondo," lanjutnya.

Masih kata Ridaswin, 24 atlet Riau itu tengah mengikuti latihan di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) dari masing-masing cabor. "Seperti tiga atlet senam Riau yang mengikuti latihan di Rusia," pungkasnya. ***