SELATPANJANG - Sebanyak 140 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kepulauan Meranti akan diberangkatkan tanah suci Makkah di tahun 2020 mendatang.

Kepala Kemenag Kepulauan Meranti, H Darwison, melalui Kasi penyelenggaraan Haji dan Umroh, Hasbullah mengungkapkan bahwa dari 140 JCH dengan rincian jamaah laki-laki berjumlah 64 orang dan jamaah perempuan berjumlah 76 orang.

"Untuk jamaah tertua tercatat atas nama Waidun berumur 87 tahun berasal dari Desa Batang Malas, Kecamatan Tebingtinggi Barat, dan termuda berusia 40 tahun berasal dari Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur," ujar Hasbullah, kepada GoRiau.com, Jumat (6/12/2019).

Jumlah JCH Kepulauan Meranti tahun 2020 ini dikatakan Hasbullah, merupakan yang terbanyak dalam kurun beberapa tahun terakhir, tak seperti tahun sebelumnya yang hanya berkisar 60-70 an saja.

Meski sudah terdaftar namun data ini diakui Hasbullah, sifatnya masih estimasi dimana pastinya baru akan diumumkan pada Februari 2020 mendatang.

"Februari nanti akan diumumkan nama nama jamaah yang pasti berangkat sekaligus pemberitahuan untuk pelunasan biaya keberangkatan," jelas Hasbullah.

Kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Hasbullah juga menyinggung soal miniatur Ka'bah yang digunakan untuk pelatihan manasik haji berada dalam kondisi kurang layak lagi. Ia pun berharap bantuan dari pemda untuk perbaikan atau pengadaan baru.***