JAKARTA - Menpora Zainudin Amali resmi mencalonkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh Komite Pemilihan (KP) PSSI, Senin (16/1/2022).

Amali menjadi salah satu calon Waketum PSSI dari total 17 calon lainnya. Sebagaimana kabar yang beredar sebelumnya, Amali akhirnya benar terbukti mendaftarkan diri ke dalam bursa pemilihan PSSI.

Total ada lima Caketum, 17 Cawaketum, 78 calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Nantinya KP akan menjaring lagi nama-nama yang mendaftarkan diri atau didaftarkan diri apakah sudah sesuai dengan persyaratan.

"Kami KP hari ini pukul 18.00 menyatakan tutup dari tahapan penyampaian dukungan dan kesediaan para calon. Dari data yang masuk ke kami, masih data mentah. Artinya kemungkinan ada nama-nama ganda dan sebagainya," kata Ketua KP Amir Burhanuddin saat memberikan keterangan.

Terkait Amali, KP menjelaskan bahwa sang Menteri didaftarkan oleh staf Kemenpora. Makanya tak terlihat batang hidung pria asal Gorontalo tersebut saat ditunggu pewarta di Kantor PSSI, GBK Arena. "Melalui stafnya datang ke kantor PSSI sekitar pukul 12 siang. Beliau (Amali) sudah menyampaikan kesediaan mencalonkan diri sebagai calon wakil ketum," ujar Amir.

"Nanti akan kami konfirmasi dengan syarat lain. Begitu juga yang lainnya. Syarat calon minimal dukungan 1 anggota PSSI," ucapnya.

Ada nama-nama familiar untuk bursa Cawaketum selain Amali. Ada Ratu Tisha, Ahmad Riyadh, Azrul Ananda, Hasani Abdul Gani, Iwan Budianto, hingga Yunus Nusi.

17 Daftar Calon Waketum PSSI:

1. Ahmad Riyadh
2. Ahmad Sauqi Suratno
3. Andre Rosiade
4. Azrul Ananda
5. Doni Setiabudi
6. Sutandi
7. Fary Djemy Francis
8. Hasani Abdul Gani
9. Hasnuryadi Sulaiman
10. Iwan Budianto
11. Juni Rachman
12. Maya Damayanti
13. Ratu Tisha
14. Sadikin Aksa
15. Yesayas Oktavianus
16. Yunus Nusi
17. Zainudin Amali.***