TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 11.937 KK yang terdampak Covid-19. BLT tersebut dianggarkan melalui APBD Kuansing tahun 2020.

BLT tahap I sudah disalurkan sejak 19 Agustus sampai 1 September 2020. Dalam rentang waktu itu, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dissos PMD) turun ke 15  kecamatan.

Hingga masa penyaluran ke kecamatan selesai, ternyata masih ada warga yang belum mengambil BLT senilai Rp900 ribu untuk tiga bulan tersebut.

Menurut Napisman, Pelaksana Tugas Kepala Dissos PMD Kuansing, dari 11.937 KK, ada 1.542 KK yang belum mengambil BLT Kabupaten tahap I.

"Hari ini terakhir pengambilan. Bagi warga yang belum mengambil, silahkan datang ke kantor dengan membawa syarat berupa KK dan KTP asli beserta fotocopy-nya," ujar Napisman, Selasa (15/9/2020) di Telukkuantan.

Jika para penerima tidak mengambil BLT tersebut, lanjut Napisman, maka anggarannya akan dikembalikan ke kas daerah.

Dikatakan Napisman, Pemkab Kuansing telah menganggarkan BLT kabupaten untuk enam bulan. Dimana, setiap KK akan menerima Rp300 ribu per bulan. Penyaluran dilakukan melalui dua tahap. Tahap I untuk bulan April, Mei dan Juni. Sedangkan tahap II untuk bulan Juli, Agustus dan September belum dijadwalkan.

"Kami belum siapkan jadwal. Saat ini masih tahap rekon bersama pihak desa, untuk mengetahui apakah ada warga yang belum dapat," tutup Napisman.***