PEKANBARU - Sebanyak 151 titik panas (hotspot) terpantau citra satelit Terra/Aqua tersebar di Provinsi Riau, pagi ini, Jumat (20/9/2019).

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan, bahwa 151 titik panas yang berada di level confidence di bawah 50 persen tersebut tersebar di sembilan daerah.

Yakni, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebanyak 45 ttik, Pelalawan 44 titik, Rokan Hilir (Rohil) 28 titik, Kampar sembilan titik, Indragiri Hulu (Inhu) delapan titik, Kuantan Singingi (Kuansing) tujuh titik, Bengkalis tujuh titik, Meranti dua titik, dan Kota Dumai satu titik.

"Titik panas berbeda dengan titik api. Bisa dikatakan titik api apa bila berada di level confidence di atas 70 persen. Dan yang berada di atas tingkat kepercayaan 70 persen tersebut, pagi tadi terdeteksi sebanyak 107 titik api," ungkapnya di Pekanbaru, Jumat pagi.

Dari jumlah tersebut, kata Ahmad, Pelalawan menjadi daerah terbanyak titik apinya mencapai 35 titik. Kemudian, Inhil 31 titik, Rohil 21 titik, Bengkalis tujuh titik, Kampar lima titik, Kuansing dan Inhu masing-masing empat titik.

"Pelalawan yang paling parah terbanyak titik apinya," tukasnya. ***