PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru telah membentuk 15 Kelurahan Tangguh Bencana di Kota Pekanbaru tahun 2022. Kelurahan tangguh bencana ini dibentuk di lokasi yang rawan terjadi banjir dan kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra mengatakan, 15 kelurahan tersebut adalah Kelurahan Palas, Kelurahan Sri Meranti, Kelurahan Tirta Siak, Kelurahan Tobek Godang dan Kelurahan Industri Tenayan. Selanjutnya Kelurahan Bandar Raya Kelurahan Muara Fajar Timur, Kelurahan Air Putih, dan Kelurahan Tangkerang Barat.

"Juga Kelurahan Simpang Tiga, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kelurahan Tangkerang Utara, Bambu Kuning, Suka Maju dan Suka Mulya," jelasnya, Rabu (9/11/2022).

Ia menjelaskan, pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana ini dalam rangka membina warganya sehingga lebih mandiri dalam mengahadapi bencana alam yang rawan terjadi. Dimana BPBD Pekanbaru memberikan sosialisasi untuk memperluas wawasan warga dalam menyikapi dan mengenali bencana alam.

"Warga di kelurahan tangguh ini diharapkan mampu mengenali ancaman bencana di wilayahnya, kemudian mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi bencana alam," pungkasnya. ***