PEKANBARU, GORIAU.COM - Putaran pertama Kejuaraan Bola Voli Proliga dipastikan akan digelar 10-12 Januari 2014 mendatang di GOR Remaja, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau. Sebanyak 14 klub sudah dijadwalkan akan mengambil bagian pada iven paling bergengsi di Tanah Air.


Ke-14 klub tersebut diantaranya Palembang Bank (Sumsel), Surabaya Samator, PLN, Semarang Bank (Jateng), Jakarta BNI 46, Pertamina untuk tim putra. Sementara untuk tim putri diantaranya Jakarta Popsivo Polwan, Pertamina, Petrokimia, PLN, Jakarta TNI AU, Bank DKI, Jakarta BNI 46 dan Valeria Papua Barat.


"Kita sudah dipastikan menjadi tuan rumah Proliga 2014 mendatang. Sebanyak 14 tim akan ambil bagian dalam iven paling bergengsi di Tanah Air ini," kata Ketua IV Bidang Pertandingan Pengurus Besar (PB) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Kombes Pol R Adang Ginanjar saat jumpa pers di Mapolresta Pekanbaru, Jumat (20/12/2013).


Adang yang juga merupakan Kapolresta Pekanbaru ini menjelaskan, sebelum Pekanbaru, tuan rumah Proliga 2014 ditetapkan di Palembang, Sumatera Selatan. Namun karena Palembang tidak juara pada Proliga 2014, akhirnya dialihkan ke Pekanbaru, karena Popsivo Polwan yang keluar sebagai juara juga dimanajeri oleh Kapolresta.


Sementara mengenai peraturan pemain, masih menggunakan sistem yang lama. Dimana masing-masing klub atau tim boleh membawa tiga pemain asing, namun untuk pertandingan, hanya boleh diturunkan dua pemain. "Mereka boleh membawa tiga, namun saat pertandingan hanya boleh dua pemain asing," sambung Kapolresta Pekanbaru.(tri)