TELUKKUANTAN – Siposan Rimbo, jalur andalan Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, melaju ke hari final, Kamis (25/8/2022) besok. Jalur yang dijuluki Sang Jendral ini masih gagah perkasa di Tepian Narosa.

Tidak mudah bagi Sang Jendral untuk mencapai tiket ke hari final. Sebab, lawan-lawannya di hari pertama hingga sekarang adalah jalur yang pernah juara dan punya nama besar.

Seperti pada hari pertama, Siposan Rimbo berhadapan dengan Linggar Jati yang notabene adalah juara pada tahun 2012. Linggar Jati merupakan jalur Pulaukumpai yang juga andalan masyarakat Pangean.

Perpacuan antara Siposan vs Linggar Jati berlangsung seru. Bahkan, untuk menentukan kemenangan, dewan hakim melihat layar monitor.

Memasuki hari kedua, Siposan Rimbo kembali bertemu dengan sang juara tahun 2015, Tuah Kalajengking Muda Indragiri dari Indragiri Hulu. Bertarung sesama mantan juara, keduanya berpacu habis-habisan. Alhasil, Siposan Rimbo melaju ke hari ketiga.

Di hari ketiga, putaran pertama, Siposan Rimbo beradu dengan jalur Siligi Biso Pulau Kiambang dari Desa Sampurago, Hulu Kuantan. Perlawanan sengit dilakukan Siligi Biso, namun harus mengakui ketangguhan Sang Jendral.

Pada putaran kedua, Sang Jendral bertemu jalur Untuang Sakato Tuah Nagori dari Tanjungmedan, Cerenti. Bagi Siposan Rimbo, laga ini merupakan laga balas dendam.

Mengingat, pada pacu jalur ajang uji coba Pangean, Siposan Rimbo tunduk atas haluan Untuang Sakato. Untuang Sakato merupakan jawara Tepian Rajo dan Tepian Lubuok Sobae tahun 2022.

Pada laga ini, Sang Jendral yang sudah berusia 11 tahun ini mampu membuktikan sebagai jalur tercepat atas Untuang Sakato. Berkat kemenangan ini, Siposan Rimbo melaju ke hari final.

Selain Siposan Rimbo, ada 11 jalur lain yang melaju ke hari final. Yakni, Singa Kuantan dari Sungaipinang, Tuah Keramat Sialang Soko dari Peranap, Tunas Muda KONI Kuansing dari Sungaijering, Bintang Emas Cahaya Intan dari Tanjung, Rajo Bujang RAPP dari Padangtanggung dan Langkah Siluman Buayo Danau dari Sitorajo Kari.

Selanjutnya, Singa Ngarai RAPP dari Pulaukalimanting, Putra Sulung Indragiri dari Inhu, Toduang Biso Rimbo Piako dari Paboun, Ratu Sialang dari Bukitkauman dan Tuah Keramat  Bukit Embun dari Inhu.

Jalur manakah yang akan memboyong piala Menteri Pariwisata RI tahun ini? Mari kita saksikan besok siang di Tepian Narosa.***