JAKARTA -- Bekerja di bidang yang diminati dengan gaji yang besar tentunya menjadi harapan semua orang, khususnya para pencari kerja.

Namun, tidak semua pekerjaan memberikan gaji besar kepada orang yang menggelutinya disebabkan berbagai hal, termasuk perubahan zaman atau kemajuan teknologi.

Bagi Anda yang termasuk usia kelompok pencari kerja di masa depan, pertimbangkan menuntut ilmu pada 10 bidang ini, sebab 10 keahlian tersebut diprediksi paling dibutuhkan dan di masa depan dengan gaji lebih besar dibanding profesi lainnya.

Dikutip dari detikcom, berikut 10 profesi yang diprediksi paling dibutuhkan dan bergaji besar di masa depan:

1. Aktuaria

Biro Statistik Tenaga Kerja AS merilis daftar pekerjaan yang rata-rata menerima $68.703 atau Rp984 juta per tahun. Profesi terkait aktuaria atau asuransi dikatakan semakin dibutuhkan di masa depan untuk melindungi kesehatan, perusahaan, dana pensiun, hingga investasi.

2. Insinyur Industrial

Pekerjaan sebagai insinyur juga masih dianggap potensial, terutama dalam bidang industrial. Bidang teknik industri dibutuhkan untuk optimalisasi dan efisiensi sehingga sistem dan lingkungan terkait proyek berjalan dengan baik.

3. Data Scientist

Pekerjaan terkait analisa data memang dibutuhkan di zaman serba canggih ini. Pekerjaan seorang data scientist sendiri umumnya menciptakan semacam kerangka untuk perusahaan mengumpulkan, mengatur, dan menganalisa data sehingga bisa membuat keputusan terbaik untuk bisnis mereka.

4. Manajer Sistem Informasi

Pekerjaan bergaji tinggi lain yang dibutuhkan di masa depan adalah manajer sistem informasi. Apa yang dilakukannya? Mereka biasanya bertanggung jawab untuk mendesain dan mengatur sistem informasi dalam perusahaan hingga memberi rekomendasi terkait hardware dan software keamanan data.

5. Analis Keamanan Informasi

Dilansir The Muse, pekerjaan ini lebih berfokus pada keamanan informasi data. Untuk mencegah atau mengatasi masalah, mereka akan melakukan riset dan tes terkait solusinya dan mengevaluasi proses keamanan data perusahaan secara berkala.

6. Manajer Finansial

Dalam dunia keuangan, manajer finansial diprediksi akan semakin dibutuhkan dalam dunia kerja. Tugasnya adalah untuk mengatur keuangan sebuah perusahaan hingga mengidentifikasi kelemahan atau risiko finansialnya.

7. Perawat

Dari pada dokter, perawat diprediksi jadi pekerjaan yang lebih dibutuhkan di masa depan. Mereka yang terlatih dan berlisensi untuk merawat pasien tak hanya diperlukan di rumah sakit tapi juga klinik, sekolah hingga rumah pasien.

8. Asisten Medis

Berbeda dengan perawat, asisten medis adalah tenaga kesehatan berlisensi yang secara rutin memeriksa pasien. Mereka bisa mendiagnosa, memberikan obat, dan membuat rencana perawatan. Bedanya dengan dokter, asisten medis bekerja lebih independen.

9. Insinyur Sales

Pekerjaan ini mungkin tidak terlalu familiar. Seperti namanya, profesi tersebut menggabungkan dua tugas di bidang penjualan dan teknik. Mereka umumnya bekerja untuk menjual produk atau jasa teknologi yang kompleks kepada para klien.

10. Penulis Teknis

Pekerjaan bergaji tinggi yang diprediksi dibutuhkan di masa depan yang lain adalah penulis teknis. Mereka bertugas untuk menuliskan ide teknis yang kompleks agar lebih mudah dimengerti orang banyak. Dibutuhkan kemampuan bahasa, juga bahasa asing untuk bisa membuat instruksi teknis dengan baik.***